Ini Dia, Mazda BT-50 Terbaru, Kembaran Isuzu D-Max

Mazda BT-50 Generasi Baru Dibuat Jadi Kembaran D-Max – Salah satu mobil jenis pick up buatan Mazda yang mengusung nama Mazda BT-50 resmi diperkenalkan secara perdana pada tahun 2006 lalu pada pameran Bangkok Motor Show yang diselenggarakan di Thailand. Pick up buatan Mazda tersebut dikembangkan bersama Ford Ranger. Namun kali ini sedikit berbeda. Pasalnya, untuk generasi ketiga, BT-50 nantinya akan dikembangkan bersama Isuzu D-MAX.

Terkait kabar tersebut, Takashi Kikuchi selaku Presiden Isuzu Motor Corporation Thailand, membenarkan bila saat ini pihaknya tengah melakukan proses pengujian dan produksi untuk generasi penerus dari Isuzu D-Max dan BT-50.

“Kami akan memasok produk yang lengkap ke Mazda, dalam konfigurasi yang berbeda. Tapi perkembangan sebenarnya belum selesai,” kata Kikuchi sebagaimana dikutip dari motoring pada Senin (8/5/2017).

Jika berbincang terkait dengan perbedaan ciri di antara keduanya, Kikuchi sendiri masih belum bisa menjelaskan secara detail. “Kami harus melakukan negosiasi dengan Mazda tentang berapa banyak diferensiasi produk mereka,” katanya.

Namun, pihaknya sedikit menjelaskan gambaran umum bahwa meskipun basis dari D-Max adalah sport utility vehicle (SUV) MU-X, tapi Mazda tidak berniat mengadopsinya juga untuk dijadikan saudara kembar.

“Mazda hanya tertarik dengan pikap. Karena mereka punya SUV sendiri, kami sepakat hanya memasok model pikap ke Mazda,” jelas Kikuchi.

Berkaitan dengan kerjasama di antara kedua produsen mobil tersebut, sebenarnya Isuzu telah menjalin kerja sama dengan Mazda yang dimulai sejak tahun 2016 lalu. Akan tetapi, lain sisi bahwa Mazda masih menyembunyikan informasi tentang BT-50 terbaru. Sebab, menurut pihak Mazda sendiri bahwa dengan berbagi platform bersama D-MAX belum tentu membuat penjualan BT-50 mengalami kenaikan hingga sejajar dengan D-Max.

Terlepas dari itu, sebagai tambahan informasi saja bahwa Isuzu D-Max merupakan salah satu produk unggul yang dibangun atau dirancang dari hasil kerja sama dengan brand lain yaitu Chevrolet Colorado. Namun, karena berbagai persyaratan yang diajukan dari masing-masing perusahaan, General Motors dan Isuzu menghentikan kerja sama untuk pengembangan model selanjutnya.

Top