Siapa Bilang Mobil Tua/Klasik Bebas Tilang?

Mobil Tua Juga Bisa Kena Tilang – Mobil klasik atau mobil tua kerap kali dicap sebagai mobil yang aman dari penilangan pihak yang berwajib. Anggapan tersebut memang sudah lama beredar dimasyarakat dimana banyak yang mengatakan bahwa moto ataupun mobil klasik akan aman dan lolos dari pemeriksaan kendaraan dijalanan. Namun, anggapan tersebut rupanya harus mulai sobat buang jauh-jauh.

Mobil Tua Juga Bisa Kena Tilang

Pasalnya, mobil klasik pun rupanya tak bebas dari razia pemeriksaan kendaraan dijalanan sehingga meskipun tua, surat-surat kendaraan pun harus dipersiapkan. Hal tersebut disampaikan salah satu pecinta dan kolektor mobil klasik yang Mas Sena lansir dari oto.detik.com. orang tersebut bernama Jarius, yang pernah mengalaminya sendiri. Namun hal tersebut tidak menjadi masalah baginya, karena ia memiliki dokumen lengkap dari kendaraan klasik yang dikendarainya.

“Jadi saya lagi driving hari Sabtu di daerah Taman Mini sekitar 2 bulan lalu, ada razia polisi sepertinya untuk motor-motor. Tidak tahunya saya juga disetop oleh polisi,” ungkapnya. Pemeriksaan yang dilakukan pihak kepolisian memang bukan perkara besar bagi Jairus. Bahkan dirinya sempat berpikir, polisi memeriksa karena suka dengan mobil klasik miliknya Morris Mini.

“Nah itu (karena polisi suka dengan mobilnya-Red), anehnya memang saya satu-satunya mobil yang diberhentikan saat itu, yang lainnya motor. So maybe, itu juga reason-nya kenapa saya diberhentikan, tapi polisinya sih friendly. I don’t mind, asal jangan sering-sering saja,” katanya sambil bercanda.

Jarius mengatakan, ketika dirinya diperiksa saat mengendarai mobi klasik, pertanyaan yang diajukan kepadanya memang umum ditanyakan banyak orang mengenai mobil klasik. “Polisinya tanya-tanya mengenai mobilnya tahun berapa, pertanyaan-pertanyaan yang sudah ada di Frequently Asked Question (faq) list untuk mobil tua,” ungkapnya.

Menurutnya selain memeriksa kelengkapan surat-surat, petugas yang menyetopnya tersebut memang terlihat seperti tertarik dengan mobil klasik yang dikendarainya tersebut. tak heran, mengingat mobil tersebut memang cukup unik. Bahkan tidak hanya satu petugas yang mendekat padanya. “Setelah itu 2 polisi lain datengin, malah lanjut bertanya FAQ yang lain, sebelum akhirnya saya dibolehkan untuk lanjutkan perjalanan. Menurut saya sih aman-aman saja. Karena memang surat-surat saya lengkap jadi saya tidak khawatir. Untuk pemeriksaan di jalan, saya rasa harusnya sama saja dengan mobil-mobil modern atau baru. Tapi itu tidak masalah,” pungkasnya.

Top