Spesifikasi dan Harga Honda BeAT POP eSP Desember 2016

Spesifikasi dan Harga Honda BeAT Pop eSP – Selain segmen sport entry level, kelas skuter matik memang menjadi sasaran empuk dua pabrikan besar kelas dunia, Honda dan Yamaha. Jika Yamaha punya keluarga Mio yang terdiri dari beberapa model, maka Honda pun juga tak mau kalah. Kesuksesan generasi Honda Vario di segmen skutik medium, kini ingin diikuti oleh jejak Honda BeAT Pop eSP yang merupakan model dari skutik pemula, Honda BeAT. Sejatinya, model BeAT Pop eSP ini merupakan kembaran dari Honda BeAT eSP, lebih tepatnya serupa namun tak sama. Bile Honda BeAT eSP memiliki katakter aktiv dan spoty, maka BeAT Pop eSP ini cenderung ke arah stylish dan dinamis. Hal ini nampak pada desain eksterior Honda BeAT Pop eSP yang lebih kalem dengan corak warna lebih ngejreng. PT Astra Honda Motor (AHM) sendiri merilis BeAT Pop eSP pada medio 2014 yang lalu. Semenjak kemunculannya, model ini termasuk sebagai varian yang cukup laris di pasaran. Nah pada pertengahan 2015 kemarin, AHM melakukan penyegaran pada sosok Honda BeAT Pop eSP ini lewat beberapa perubahan corak stripping yang menampilkan warna-warna khas anak muda. Hal ini sesuai dengan strategi pasar AHM yang memang membidik konsumen muda yang aktif dan dinamis.honda beat pop esp

Untuk desainnya, seperti yang kita tahu sejak awal dirilis sebagai penantang Yamaha Mio, generasi skuter matik Honda BeAT dikenal dengan desain tajam pada guratan bodinya. Hal ini pulalah yang terus dipertahankan oleh AHM hingga generasi Honda BeAT Pop eSP ini. Secara desain, BeAT Pop eSP masih  membawa bodi yang ramping dengan konsep stylish dan memiliki handle cover berlekuk tajam. Sementara di bagian mesinnya, BeAT Pop eSP juga turut membawa perubahan signifikan dengan teknologi mesin lebih canggih. Skutik Honda BeAT Pop eSP ini hadir dengan mengusung mesin berkapasitas 110 cc 4-langkah, SOHC berpendingin udara, yang mampu memuntahkan tenaga 6.38 kW pada putaran 7.500 rpm dan torsi 9,01 Nm pada  6.500 rpm, ditambah teknologi terbaru yaitu, eSP (Enhanced Smart Power) yang sejatinya juga diterapkan pada motor skutik premium PCX 150. Untuk fitur-fitur pendukungnya juga sudah tersedia lengkap, dimana Honda BeAT Pop eSP turut disematkan fitur CBS (Combi Brake System) yang memudahkan pengereman roda depan dan belakang. Untuk varian tertingginya, BeAT Pop eSP juga sudah lengkap dengan fitur ISS (Idling Stop System) yang secara otomatis bisa mematikan mesin setelah 3 detik. Tak hanya sampai disini saja, sebenarnya Honda BeAT Pop eSP masih memiliki banyak keunggulan lainnya, sehingga tak heran jika motor bertransimisi otomatis ini masih menjadi favorit konsumen. Penasaran? Nah, untuk informasi lengkap mengenai spesifikasi dan harga Honda BeAT Pop eSP, berikut Mas Sena sudah siapkan  review lengkapnya pada segmen-segmen di bawah ini untuk Bro dan Sis semua!

motor honda beat pop esp

Spesifikasi Honda BeAT Pop eSP

Skuter Matik dengan Desain Stylish dan Trendy

Untuk segmen yang pertama ini, seperti biasanya Mas Sena akan mengulas spesifikasi Honda BeAT Pop eSP di bagian desain tampilannya. Mengusung konsep ‘Pop’, AHM memang merancang skutik terbarunya ini dengan desain yang sederhana dan kalem layaknya alunan musik bernuansa pop. Sekilas, untuk body yang dimiliki oleh BeAT Pop eSP ini bisa dibilang AHM telah melakukan perombakan total dibandingkan generasi BeAT yang pertama. Namun tetap saja untuk Honda BeAT Pop eSP masih mengadopsi desain body tajam yang kian membuatnya tampil cukup modis. Di bagian body terlihat bahwa model BeAT POP eSP ini nampak memiliki konsep desain lebih halus dibandingkan versi sebelumnya, dimana pada desain headlamp terlihat simple dan penuh gaya. Berikutnya, pada desain lampu sein Honda BeAT Pop eSP kini dirancang dengan model terpisah, tidak lagi menyatu seperti varian sebelumnya. Untuk sektor sayap, skuter matik ini mengusung model ‘Multi-Layer’ yang membuatnya tampil lebih dinamis. Kemudian di bagian belakangnya pun juga terlihat stoplamp pada Honda BeAT Pop eSP ini didesain lebih runcing dan cukup berbeda jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya yang terlihat lebih membulat. Lantas cover berwarna silver yang melabur pada penutup knalpot, cover air cleaner, cover fan dan rubber step floor membuat skuter matik ini lebih modern dan tentunya tetap stylish. Apalagi untuk versi terbaru, spesifikasi Honda BeAT Pop eSP pada bagian desain ini turut dikombinasikan dengan grafis decal bertema Cool Pixel dan Comic Hits, yang menurut Mas Sena membuat desain tampilannya terlihat lebih trendy dan anak muda banget.

Panel Speedometer Minimalis namun Tetap Informatif

Puas dengan suguhan eksterior dari spesifikasi Honda BeAT POP eSP, saatnya kita beranjak pada pembahasan spesifikasi dari skuter matik ramping ini pada bagian konsol speedometer. Nah, di bagian ini layaknya konsol speedometer motor bergenre matik 110 cc, tentunya untuk bagian speedometer pada BeAT Pop eSP masih membawa konsep sederhana seperti motor lainnya di kelas yang sama. Masih mempertahankan desain membulat pada bagian cluster-nya, untuk Honda BeAT POP eSP justru didesain lebih apa adanya dibandingkan seri BeAT sebelumnya. Kali ini di bagian cluster penunjuk speedometer dodominasi warna putih terbingkai ring warna merah. Di sekelilingnya terdapat indikator lampu sein, trip meter, dan lampu jarak jauh yang tertata sama persis dengan BeAT Sporty. Di bagian bawah speedometer juga terdapat indikator fuel meter yang tampil tidak terlalu mencolok. Secara keseluruhan, bagi Mas Sena, panel speedometer Honda BeAT POP eSP meskipun terlihat sederhana, namun nyatanya sangat informatif dan mudah terpantau oleh pengendaranya. So, meski konsep desain panel dashboard yang ada pada spesifikasi Honda BeAT Pop eSP ini terkesan sederhana, namun pastinya hal itu tak mengurangi nilai estetika dan fungsionalitasnya.

spesifikasi honda beat pop esp

Dimensi Ramping Ideal Sebagai Kendaraan Harian dengan Tingkat Mobilitas Tinggi

Datang sebagai varian matik, maka untuk kenyamanan atau sisi ergonomis dari spesifikasi Honda BeAT POP eSP tidak perlu dipertanyakan lagi. Sebab motor ini memiliki dimensi yang ramping dan ideal jika digunakan sebagai kendaraan harian. Untuk dimensinya sendiri, BeAT Ppp eSP membawa ukuran tubuh mencakup 1.867 x 678 x 1.074 mm dan bobot ringan hanya 94 kg saja. Melihat dimensi yang dibawanya tersebut, jelas motor ini sangat nikmat untuk bermanuver di jalanan. Sementara ground clearance yang dimilikinya juga standar motor matic lainnya yaitu setinggi 140 mm, sehingga Honda BeAT Pop eSP lebih pas jika digunakan di aspal perkotaan. Honda sendiri memang sengaja mendesain BeAT Pop eSP dengan dimensi yang ramping dan ringan sehingga cocok untuk dikendarai oleh postur tubuh rata-rata orang Indonesia. Selain itu banyak pula konsumen yang menjadikan Honda BeAT Pop eSP sebagai kendaraan harian, karena selain bodi kompak motor ini juga mudah dikendarai dengan handling yang mantap. So, memang setelah Mas Sena amati, spesifikasi Honda BeAT Pop eSP ini sangat ideal untuk digunakan sebagai komuter harian penunjang aktivitas Bro dan Sis semua, karena menawarakan kepraktisan dan kemudahan.

Didukung Suspensi Berkelas untuk Kenyamanan Berkendara

Dengan body yang terhitung ramping dan praktis, spesifikasi Honda BeAT Pop eSP seperti ini tentunya siap memberikan performa berkendara maksimal. Hanya saja untuk menyempurnakan hal tersebut, skuter matik ini wajib dibekali dengan dukungan suspensi berkualitas. Demi menunjang stabilitas berkendara penggunanya, Honda menyematkan supensi jenis teleskopik untuk bagian depan depan serta suspensi sistem lengan ayun dengan peredam kejut tunggal untuk bagian belakang. Kombinasi kedua suspensi pada Honda BeAT Pop eSP ini memang sudah cukup pas untuk melibas jalanan dan cocok sebagai suspensi kendaraan bersegmen matik. Segi kenyamanan-pun juga bakal terjamin baik untuk single riding maupun berboncengan. Untuk menahan beban pengendara, Honda BeAT Pop eSP menganut kerangka berjenis tulang punggung yang cukup kokoh dan rigid dalam menahan beban. Beranjak ke bagian kaki-kakinya, BeAT Pop eSP dibekali dengan ban depan berukuran 80/90 – 14 M/C 40P dan ban belakang berukuran 90/90 – 14 M/C 46P yang semuanya membalut velg palang atau cast wheel berdiameter 14 inci. Untuk sistem pengereman, spesifikasi Honda BeAT Pop eSP pun sudah didukung dengan rem cakram hidrolik berpiston tunggal pada bagian depan, serta rem tromol pada bagian belakang. Kedua rem ini sudah cukup mumpuni dalam menahan laju saat berkendara.

Advertisement

spesifikasi motor honda beat pop esp

Mesin 110cc Berteknologi eSP Siap Hadirkan Performa Optimal dan Tetap Irit Bahan Bakar

Selanjutnya Mas Sena akan mengajak Bro dan Sis untuk mengulas spesifikasi Honda BeAT POP eSP di bagian mesinnya. Untuk spesifikasi yang satu ini, meskipun masih berkubikasi 110 cc, namun AHM ternyata sudah menyematkan teknologi terbaru. Teknologi tersebut adalah Enhanced Smart Power (eSP) yang sejatinya sudah dikembangkan sejak tahun 2011 dan diterapkan pula pada varian skutik Honda lainnya. Honda BeAT Pop eSP kali ini dibekali mesin berkapasitas 110 cc SOHC 4 langkah berpendingin udara yang dapat menyalurkan tenaga hingga 8.68 PS pada putaran mesin 7500 rpm serta torsi sebesar 9.01 Nm, yang membuatnya terasa begitu responsif. Nah dengan adanya teknologi eSP ini, maka akan membuat Honda BeAT Pop eSP memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih efektif dan efisien. Selain itu, skutik andalan Honda ini juga diklaim memiliki performa yang semakin meningkat dibandingkan generasi BeAT sebelumnya, dengan peningkatan akselerasi mencapai 12,6 detik untuk bentang jarak 0-200 m. Top speednya sendiri juga diklaim bisa mencapai 94 km perjam. Lantas, Honda BeAT Pop eSP yang bertransmisi otomotasi ini juga sudah lolos uji emisi Euro 3. Dan seperti yang sudah Mas Sena singgung di atas, generasi anyar BeAT ini merupakan matik teririt di kelasnya dengan konsumsi bahan bakar 1 liter bisa mencapai 63 km lewat teknologi PGM-FI yang diusungnya. Dengan bekal spesifikasi Honda BeAT Pop eSP di bagian mesin yang sarat akan teknologi tinggi ini, maka tak salah bila Bro dan Sis menjadikannya sebagai kendaraan andalan sehari-hari.

Didukung Fitur Keamanan dan Kenyamana Lengkap Khas Skutik Honda

Pada segmen pembahasan terakhir ini, Mas Sena akan mengajak Bro dan Sis semua untuk membedah fitur penunjang yang ada pada spesifikasi Honda BeAT POP eSP ini. Sebagai produk baru keluaran AHM, pastinya skutik ini turut dibekali dengan banyak fitur penunjang layaknya motor matik Honda lainnya. Sekedar tambahan informasi, pada generasi Honda BeAT POP eSP bakal dipasarkan dalam tiga varian, yaitu BeAT eSP Pop CW, BeAT Pop eSP CBS, dan varian ketiga adalah BeAT Pop eSP CBS ISS. Fitur yang membedakan tiga varian di atas adalah pada fitur penunjang yang dibawanya, dimana untuk versi CBS sudah disematkan fitur Combi Brake System (CBS) yang bisa membuat pengereman lebih stabil antara roda depan dan belakang. Untuk varian tertinggi, yakni Honda BeAT Pop eSP CBS ISS juga ada fitur Idling Stop System (ISS) yang dapat membuat mesin mati secara otomotasi ketika motor berhenti selama lebih dari 3 detik. Kemudian, generasi BeAT Pop eSP ini juga sudah mengusung fitur starter berteknologi ACG yang mampu menghidupkan mesin lebih smooth alias tanpa suara. Selain fitur opsional di atas, semua varian Honda BeAT Pop eSP juga memiliki kapasitas bagais besar berupa U-Box dengan kapasitas sampai 11 liter untuk membawa barang bawaan Bro dan Sis semua. Dan untuk fitur keamanannya, skutik ini telah dilengkap dengan standar samping otomatis yang membuat mesin tidak akan menyala jika standar masih dalam posisi turun. Lantas ada juga fitur Brake Lock untuk mencegah motor loncat saat pertama dinyalakan atau bisa dimanfaatkan saat motor dalam kondisi diam saat berhenti di jalan menanjak ataupun menurun. Untuk kunci kontak, pada spesifikasi Honda BeAT Pop eSP juga sudah dibekali kunci berpengaman magnet.

Honda BeAT Pop eSP

Mesin
Tipe 4-langkah, SOHC dengan pendinginan udara, eSP
Kapasitas Isi Silinder 110 cc
Diameter x Langkah 50 x 55,1 mm
Perbandingan Kompresi 9,5:1
Daya Maksimum 6.38 kW (8.68 PS) / 7.500 rpm
Torsi Maksimum 9.01 N.m (0,92 kgf.m) / 6.500 rpm
Kapasitas Oli Mesin 0,7 liter pada penggantian periodik
Tipe Kopling Otomatis, Sentrifugal, Kering
Transmisi Otomatis, V-Matic
Tipe Starter ACG Starter, pedal dan elektrik
Dimensi
Panjang x lebar x tinggi 1.867 x 678 x 1.074 mm
Jarak Sumbu Roda 1.256 mm
Jarak Bersih ke Tanah 140 mm
Berat Kosong 94 kg
Kapasitas Tangki BBM 3,7 liter
Rangka
Tipe Tulang punggung
Tipe Suspensi Depan Teleskopik
Tipe Suspensi Belakang Lengan ayun dengan peredam kejut tunggal
Ban Depan 80/90 – 14 M/C 40P
Ban Belakang 90/90 – 14 M/C 46P
Rem Depan Cakram hidrolik, dengan piston tunggal
Rem Belakang Tromol
Kelistrikan
Tipe Baterai Battery 12V-3Ah, tipe MF
Busi NGK MR9C-9N / Denso V27EPR-N9
Pengapian Full Transisterized, Baterai

Harga Honda BeAT Pop eSP

Lewat generasi BeAT Pop eSP ini, Honda memang ingin meningkatkan pangsa pasarnya di segmen skutik kelas pemula. Selain lewat strategi pemasaran yang jitu, Honda pun menawarkan banderol harga Honda BeAT Pop eSP dengan kisaran yang cukup menarik. Berbicara soal harga, tentu hal ini akan menjadi bahasan yang menarik. Namun sebelum berbicara lebih jauh mengenai harganya, Mas Sena akan memberikan sedikit kesimpulan mengenai ulasan spesifikasi teknis yang ada pada Honda BeAT Pop eSP ini. Tipe BeAT Pop eSP ini sendiri merupakan versi lain dari BeAT Sporty. Tetap mengusung masin SOHC 4-valve berkapasitas 110cc, Honda memang menyasar pengendara yang berjiwa aktif dan dinamis. Meski mesinnya sama dengan Honda Vario 110 eSP, namun BeAT Pop eSP ini memiliki segmentasi berbeda. Kemudian, banderol harga Honda BeAT Pop eSP pun juga didukung oleh beberapa fitur tambahan yang ada, seperti misalnya fitur Combi Braje System (CBS) dan juga Idling Stop System (ISS). Dengan paket desain stylish dan didukung teknologi mesin eSP generasi baru, skutik andalan Honda ini memang siap menjadi idola baru di Tanah Air. Nah, soal harga Honda BeAT Pop eSP ini bagaimana ya?

harga honda beat pop esp

harga honda beat pop esp terbaru

Alasan lain mengapa BeAT Pop terus menempati tangga teratas pasar matik di dalam negeri selain spesifikasi yang dibawanya, adalah karena motor ini menawarkan harga kompetitif untuk konsumen. Untuk banderolnya sendiri, harga Honda BeAT Pop eSP dipasarkan dalam tiga tipe berbeda, antara lain BeAT Pop CW yang dibanderol dengan harga Rp 14,3 jutaan, lalu ada Honda BeAT Pop CW CBS yang dibanderol dengan harga Rp 14,5 jutaan , dan terakhir sebagai varian tertinggi ada Honda BeAT Pop eSP CBS ISS yang dibanderol dengan harga Rp 15 jutaan saja. Perlu Mas Sena sampaikan, kisaran harga BeAT Pop eSP di atas merupakan harga On-the Road (OTR) terbaru untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, dimana kemungkinan harganya bisa berbeda dengan domisili Bro dan Sis semua. Jika dilihat-lihat dari nominalnya, harga Honda BeAT Pop eSP memang dipatok dengan harga cukup terjangkau, karena secara line-up produksi motor ini memang masih ditempatkan di bawah Honda Vario atau matik Honda lainnya. Dengan harga Honda BeAT Pop eSP yang cukup kompetitif ini, pastinya akan semakin menguatkan posisinya di segmen skuter matik entry level.

Honda BeAT Pop eSP

Tipe Harga
Honda BeAT Pop eSP CW Rp 14.130.000,-
Honda BeAT Pop eSP CBS Rp 14.330.000,-
Honda BeAT Pop eSP CBS ISS Rp 14.830.000,-

Berbicara soal harga Honda BeAT Pop eSP di atas, memang banderol harga tersebut masih berada di bawah harga Honda Vario 110 eSP. AHM sendiri menempatkan seri Honda BeAT pada pangsa pasar paling bawah untuk segmen skuter matik. Pada pangsa pasar ini, Honda BeAT Pop eSP akan bersaing dengan generasi Yamaha Mio. Tanpa mengesampingkan merek lain di kelas yang sama, bisa dibilang Yamaha Mio adalah satu-satunya lawan Honda BeAT paling seimbang. Soal kisaran harga Honda BeAT Pop eSP pun juga masih sangat kompetitif bila dibandingkan dengan pesaingnya tersebut. Bila sudah begini, tentu strategi pemasaran masing-masing pabrikan akan memegang peran penting. Selama ini, Honda pun dikenal memiliki strategi pemasaran yang cukup efektif. Nah, ulasan di segmen harga Honda BeAT Pop eSP ini sekaligus mengakhiri perjumpaan kita pada kesempatan kali ini. Sampai jumpa di kesempatan lainnya! Baca juga review mengenai Honda BeAT eSPHonda Vario 110 eSP dan Yamaha Fino 125 Blue Core.

Top