Jazz “Facelift” Hibrida Sudah Mengaspal di Malaysia

Honda Malaysia Hadirkan Jazz Facelift Hibrida – Ketika media tengah hangat-hangatnya memberitakan tentang facelift Honda Jazz di Jepang, Honda Malaysia ternyata telah lebih dahulu start dengan membuka pemesanan untuk model ini. Hatchback andalan Honda tersebut untuk pertama kalinya akan dihadirkan ke dalam dua opsi mesin, yakni mesin bensin dan mesin hibrida.

Honda Malaysia Hadirkan Jazz Facelift Hibrida

Menurut rencana, Jazz facelift ini akan mulai dilepas ke pasaran pada semester kedua di tahun 2017. Varian bensinnya akan dibekali dengan mesin yang sama dengan yang digunakan pada tahun ini, yaitu 1.5L i-VTEC empat silinder yang sanggup menyemburkan tenaga sebesar 120 PS dan menghasilkan torsi maksimal 145 Nm dengan perpaduan transmisi CVT.

Sementara itu, Jazz yang hadir dengan opsi mesin hibrida kabarnya baru akan dihadirkan pada kuartal tiga 2017 nanti. Jazz hibrida akan membawa sistem Sport Hybrid Intelligent Dual Clutch Drive (i-DCD), yang memakai mesin 1.5L i-VTEC dan dikombinasikan dengan Atkinson-Cycle Engine serta transmisi tujuh percepatan yang sanggup menghasilkan keluaran tenaga sebesar 137 PS.

Yang membuatnya menarik adalah teknologi hibrida yang digunakan pada Jazz facelift memakai sistem Integrated Motor Assist (IMA) sehingga tak hanya mampu bekerja pada putaran bawah tetapi juga bisa dipakai untuk menyalakan mesin. Berbeda dengan model terdahulu yang ketika menyalakan mesin masih mengandalkan tenaga dari mesin bensin.

Peningkatan juga tampak dari penggunaan bahan bakar yang semakin irit dengan dibubuhkannya sistem pengereman servo listrik anyar. Sistem rem baru ini juga diketahui memberikan regenerasi ke baterai lithium-ion. Hal inilah yang dipercaya memberikan kontribusi untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar hingga 35 persen.

Saat mengikuti tes di Jepang, Jazz hybrid berhasil menempuh jarak 36,4 km per liter. Pencapaian ini dianggap sebagai rekor untuk kategori mobil hibrida non plug in.

Di sisi gubahan tampilan, Honda Malaysia saat ini baru menampilkan teaser bagian belakangnya saja. Jika dilihat Honda memang memberikan ubahan cukup banyak pada mobil ini, seperti bagian bumper yang kini hadir lebih tajam hingga difusser yang juga tampak berbeda. Namun, jika melihat Honda Fit di Jepang, sepertinya bagian depan dan interior juga mendapat koreksi.

Top