Uji Tabrak Renault Duster Buatan India Dapatkan Nilai Nol

Renault Duster Bikinan India Raih Rating Nol – Belum lama ini diberitakan bahwa Renault Duster untuk tipe paling rendah telah menjalani uji tabrak yang dilakukan oleh Global NCAP. Dan hasil dari uji tabrak tersebut dinilai sangat mengecewakan. Pasalnya, mobil SUV terpopuler di India itu hanya meraih nol bintang. Salah satu hal yang membuat nilainya nol yakni minimnya fitur keselamatan yang menjadi faktor utama Duster gagal jadi mobil dengan tingkat keamanan tinggi. Duster yang diuji diproduksi di India.

Renault Duster Bikinan India Raih Rating Nol

Bahkan, hal yang cukup aneh dan mengherankan yakni pada varian Duster lainnya yang hanya dilengkapi satu airbag yakni di bagian pengemudi mendapat tiga bintang. Sementara Duster dengan spesifikasi yang sama di Amerika Selatan dan diuji oleh Latin NCAP pada 2015 meraih empat bintang. Apa bedanya ya?

Terkait keanehan yang membuat publik terheran-heran, dijelaskan oleh Global NCAP bahwa seperti diberitakan Indianautosblog, menjelaskan bahwa airbag bagian pengemudi pada Duster buatan Brasil mengembang lebih besar ketimbang buatan India sehingga memberikan perlindungan yang lebih.

Jika ditilik secara lebih mendalam Duster buatan India ini masih belum menawarkan airbag pengemudi dan ABS sebagai standar. Meski pesaingnya seperti Honda BR-V dan Hyundai Creta sudah dilengkapi dengan kedua fitur tersebut sebagai standar. Namun, pada Duster dual airbag dan ABS hanya dipasang di varian atas RxS dan RxZ, sedangkan untuk varian RxL hanya dibekali dengan satu airbag, ABS, serta tipe RxE hanya ABS saja. Sementara itu, untuk fitur keselamatan lainnya seperti ISOFIX, sabuk pengaman pretensioner, airbag samping dan tirai tidak ada dalam daftar spesifikasi mobil.

Sedangkan untuk Duster yang diproduksi di Rumania yang dipasarkan Eropa mendapat rating tiga bintang dalam uji Euro NCAP pada 2011. Hasil uji Global NCAP menetapkan Duster buatan India paling tidak aman di dunia.

Top