Inilah, Mobil yang Pertama Kali Kena Tilang!!!

Mobil yang Pertama Kali Ditilang – Jika Anda mendengar kata tilang, tentu saja yang terbersit dalam pikiran tentunya adalah pelanggaran lalu lintas ataupun polisi. Nah, memang kerap kali terjadi pengguna jalan raya yang melanggar peraturan lalulintas sehingga menyebabkan tindakan penilangan yang dilakukan oleh polisi lalulintas. Pelanggaran yang dilakukan pun biasanya beragam, mulai dari menerobos traffic light hingga melaju dengan kecepatan diluar batas aman.

Mobil Yang Pertama Kali Ditilang

Nah, namun tahu kah sobat mobil yang pertama kali ditilang karena melebihi kecepatan maksimum? Hal ini tentu cukup membuat sobat penasaran kan. Seperti yang kita ketahui jika kita melaju di jalan raya ada sebuah peraturan yang mengatur kecepatan maksimal yang dapat dipacu pada jalanan tersebut. Misal jika sobat melaju pada jalanan dalam kota batas maksimal adalah 40 Km/Jam, ataupun jika melaju di jalanan antar kota sobat hanya diperkenankan memacu kendaraan 80 Km/Jam.

Namun rupanya pada jaman dahulu, mobil yang mendapatkan penilangan karena dinilai melaju melebihi batas maksimal yang diperkenankan hanya melaju pada kecepatan 13 Km/Jam. Mobil tersebut bernama Motor Carriage keluaran tahun 1896. Kala itu, mobil tersebut dikendarai oleh Water Arnold seperti Mas Sena kutip dari Drivespark, Senin (15/5/2017).

Bahkan, tak hanya sekali mobil ini melanggar dan mengalami penilangan. Tercatat ada empat kali mobil ini melanggar batas maksimal kecepatan di daerah Kent Countryside. Perlu diketahui bahwa Arnold merupakan pemegang lisensi pertama untuk menjual mobil Benz. Dirinya bahkan pernag dikenakan denda karena berkendara lebih dari 3Km/Jam.

Memang jika membandingkan dengan batas kecepatan mobil jaman sekarang, batas maksimum kecepatan pada masa itu terlihat begitu minim. Hal tersebut tentu mengingat masih jarangnya kendaraan dengan mesin yang memiliki kecepatan sekarang. Bahkan, mungkin bisa dibilang saat itu, mobil masih kalah cepat jika dibandingkan dengan kuda. Ketika batas kecepatan maksimum mulai dinaikan menjadi 22,5 Km/Jam Arnold kemudian mengikuti kompetisi tahunan dari London ke Brighton.

Mobil yang digunakan Arnold tersebut rendananya akan dipajang di The Concours of Elegance yang mengambil tempat di Hampton Court Palace bersamaan dengan mobil Jaguar XJR-9 dan McLaren F1 GTR dengan kecepatan 386 km/jam.

Top