Pasar Otomotif Masih Didominasi 4 Model Honda

Empat Model Honda Masih Rajai Pasar – PT Honda Prospect Motor (HPM) tampaknya kembali menuai kesuksesan setelah line up produknya mendapatkan hasil positif di pasaran. Keempat modelnya, yakni Honda Civic Turbo, HR-V 1.5L, Jazz dan Brio RS  berhasil merajai masing-masing segmennya sampai bulan April 2017.

Empat Model Honda Masih Rajai Pasar

All New Honda Civic diketahui sudah berhasil terjual sebanyak 863 unit sampai dengan bulan April 2017. Bahkan jumlah tersebut mengalami pertambahan 37 unit terhitung dari bulan Maret yang secara otomatis kemudian mengantarkan Civic menjadi pemimpin pasar dengan angka penguasaan pasar sebesar 75 persen untuk kelas medium sedan.

Tak hanya Civic, model Honda yang lain pun turut menunjukkan perkembangan yang positif. Misalnya saja, HR-V 1.5L yang merajai segmen low sport utility vehicle (LSUV) dengan market share sebesar 38 persen dan jumlah penjualan 14.459 unit hingga bulan April 2017. Pada periode yang sama, model Honda yang lain, Jazz mendominasi segmen pasar hatchback  dengan penguasaan pasar sebesar 50 persen dan angka penjualan yang mencapai 6.195 unit.

Brio RS juga sepertinya ikut merasakan tren positif dalam segi penjualan. Pasalnya, model Honda yang satu ini mengalami kenaikan penjualan pada bulan April sebanyak 1.232  unit. Untuk keseluruhannya, sepanjang tahun 2017 model Brio RS sudah berhasil terjual  sebanyak 3.422 unit dan dan memperoleh pangsa pasar sebesar 39 persen untuk segmen mobil perkotaan atau city car.

Keempat produk Honda tersebut masih mendominasi pasaran. Data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pada April 2017 menunjukkan bahwa Civic masih lebih berkuasa dibandingkan dengan All New Toyota Altis. Hal yang sama juga ditunjukkan oleh HR-V 1.5L yang mengungguli Rush, Terios, Trax, dan Juke. Jazz pun tampak meninggalkan Yaris, Mazda2, serta Kia Rio.

Sedangkan Brio RS sukses melibas dominasi Nissan March, Daihatsu Sirion, dan Mitsubishi Mirage. Meski begitu, Brio RS memiliki rival baru yang cukup tangguh, yaitu Suzuki Ignis yang meskipun baru dirilis pada April lalu sudah berhasil memiliki pasar 29 persen dan merebut posisi kedua.

Untuk totalnya, penjualan Honda di bulan April menembus 14.678 unit dan jika dijumlah dengan penjualan di bulan lain hingga April 2017, jumlahnya bisa mencapai 67.696 unit dan berhasil meraih market share sebanyak 18 persen.

Marketing and After Sales Service Director HPM, Jonfis Fandy bahkan mengucapkan terima kasih atas respon positif masyarakat yang sukses menghantarkan produk-produk Honda menjadi market leader. Dirinya juga berharap jika produk barunya, All New Honda CR-V juga bisa mengikuti jejak keempat model Honda tersebut.

 

Top