BMW Kalahkan Dominasi Mercy di China pada April 2017

BMW Jadi Brand Premium Nomor Satu di China pada April 2017 – Merek premium asal Jerman, BMW tampaknya menuai hasil yang cukup mengejutkan di pasar China. Setelah bersaing sengit dengan Mercedes Benz di pasar tersebut, penjualan BMW dan Mini diketahui mengalami peningkatan sebesar 39 persen pada bulan April tahun ini. BMW sukses mencatatkan hasil penjualan sebanyak 48.869 unit.

Bmw Jadi Brand Premium Nomor Satu Di China Pada April 2017

Secara otomatis angka ini mampu mengantarkan BMW untuk menduduki posisi teratas di pasar kendaraan premium terlaris, sekaligus menyalip rival-rivalnya Mercedes Benz dan Audi.  China memang sejauh ini diketahui sebagai negara dengan jumlah penjualan mobil terbesar di dunia, yang mana jumlah penjualan mobil di negara ini mampu menembus angka 24 juta unit lebih untuk tahun 2016 lalu.

Sementara itu, rival BMW, Mercedes penjualannya mengalami kenaikan sebesar 35 persen atau jumlah penjualannya kini menjadi 47.627 unit jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Nasib berbeda ditunjukkan oleh Audi yang penjualannya justru mengalami penurunan sebesar 6,9 persen sehingga jumlah penjualannya menjadi 46.166 unit.

Sebagai merek mobil mewah yang sudah cukup punya nama di pasar China, Audi sepertinya memang belum mau menghentikan perselisihan dengan para diler terkait dengan rencananya untuk kembali merilis jaringan distribusi yang baru. Oleh sebab itu, untuk saat ini para diler masih menolak untuk melakukan pemesanan mobil baru serta truk ringan.

Kondisi ini tentu saja sangat menguntungkan bagi pihak BMW yang penjualannya memang sedang mengalami peningkatan pada empat bulan pertama di tahun 2017 sebesar 18 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu atau jika diperkirakan mencapai 191.697 unit. Di pasar China sendiri, BMW mempunyai 50-50 joint venture dengan Brilliance China Automotive Holdings.

Untuk bisa mempertahankan posisinya agar tetap di atas, BMW memiliki rencana untuk meningkatkan kapasitas produksinya menjadi 600.000 unit untuk kategori kendaraan ringan dalam kurun waktu lima tahun ke depan. Seiring dengan hal tersebut, BMW juga akan meningkatkan pabrik perakitannya sehingga tujuannya dalam waktu yang akan datang BMW membuat kendaraan listrik sendiri melalui pabrik-pabrik yang dimilikinya.

Top