LMPV Akan Kedatangan Anggota Baru Dari Mitsubishi dan Wuling

Mengulik Pasar LMPV, Sebelum Kedatangan Mitsubishi dan Wuling – Segmen multi purpose vehicle bawah (Low MPV) di Indonesia hanya tinggal menunggu beberapa bulan lagi akan kedatangan anggota barunya dari Mitsubishi dan Wuling. Meski gembar-gembor tentang kedua anggota barunya tersebut sudah marak sejak tahun lalu dan sampai saat ini semakin sunter terdengar. Sebelum keduanya datang, peta persaingan di segmen ini sepanjang januari-April 2017 masih diakuisisi oleh Toyota Avanza yang mencapai 50,67 persen, dengan total wholesales 47.619 unit. Angka tersebut mengalami kenaikan 11,81 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada 2016 lalu.

Namun khusus pada bulan April 2017, Avanza mengalami penurunan 6,12 persen year-on-year (YoY), menjadi 11.906 unit. Ini merupakan penurunan untuk pertama kalinya disepanjang 2017, yang juga menimpa beberapa MPV lainnya. Terkait kedatangan MPV Mitsubishi khususnya, Toyota juga menyebutkan sudah memiliki cadangan amunisi baru, terutama pada saat jagoan Mitsubishi tersebut sudah tampak mengancam eksistensi Avanza.

Belum diketahui produk tersebut adalah model baru atau pembaruan model Avanza. Sangat menarik untuk ditunggu. Pada posisi kedua juga ada Honda Mobilio, yang mana pada periode yang sama (Januari-April 2017) jumlahnya mencapai 17.812 unit naik sampai 10,01 persen. Namun sayangnya mobil ini mengalami nasib yang sama dengan Avanza , Mobilio juga mengalami penurunan pada bulan April 2017 sebesar 17,51 persen atau penjualan menjadi 3.608 unit.

Pada posisi ketiga masih ditempati oleh Daihatsu Xenia pada periode yang sama Januari-April 2017 Daihatsu Xenia memperoleh penjualan sebesar 13.920 unit. Kemudian dibelakang Xenia di ikuti Suzuki Ertiga dengan pencapaian 11.783 unit atau turun 5,08 persen. Dengan kedatangan model baru Small MPV Mitsubishi dan Wuling tentu mempererat segmen ini. Masih belum ada yang memprediksi apakah pasar nya yang akan meluas atau tetap seperti ini sehingga model lain yang harus rela berbagi pasar dengan dua model baru ini. Kita tunggu saja kehadirannya beberapa bulan kedepan.

Top