Nahkoda Baru Siap Jadi Tokoh Kunci Aliansi Nissan-Mitsubishi Indonesia

Bos Baru, Jadi Kunci Aliansi Nissan-Mitsubishi di Indonesia – PT Nissan Motor Indonesia (NMI) menyampaikan jajaran managemen barunya di Indonesia, yang kini memiliki nahkoda baru, Eiichi Koito sebagai Presiden Direktur NMI menggantikan posisi Antonio Zara per 1 April 2017. Sosok Koito disiapkan sebagai tokoh kunci menjembatani aliansi yang tercipta antar Nissan dan Mitsubishi Indonesia. Pihak prinsipal Nissan Motor Corporation (NMC) melakukan pembelian 34 persen saham miliki Mitsubishi Motor Corporation (MMC) pada akhir 2016 lalu.

Mitsubishi terjerat penipuan emisi di Jepang sehingga membuat perusahaan merugi. Pilihan penjualan saham juga dilakukan untuk meyelamatkan perusahaan sekaligus mempunyai pemilik baru. Eiichi Koito bukan orang baru di Indonesia. Ia sudah terlibat bisnis di Indonesia sejak 2003. Koito juga sempat menjadi direktur pemasaran pada 2010 dan kembali ke Jepang pada 2011 sebagai pemimpin tim untuk pasar Indonesia.

Koito mengatakan dengan aliansi Nissan-Mitsubishi, semua kesempatan jadi terbuka luas. Kehadiran Nissan akan menjadi jembatan sekaligus persiapan sinergi yang kuat terbangun antar kedua merek di Indonesia. “Tentu saja tugas saya mempersiapkan, butuh waktu 5 sampai 10 tahun sampai kolaborasi tercipta dengan baik. Tetapi ¬†fokus saya adalah menghitung dalam hal pemasok suku cadang, proses pembelian, dan logistik mana yang lebih baik supaya bisa menekan biaya sehingga lebih kompetitif.

Jika sinergi berjalan dengan lancar tidak menutup kemungkinan kalau masa depan akan lebih banyak model kolaborasi antara Nissan-Mitsubishi. Selain itu kedua merek juga bersaing memasok industri satu dengan yang lain mengingat kedua merek memiliki fasilitas produksi berkapasitas cukup mumpuni di Indonesia. Selain memuluskan sinergi aliansi antara Nissan dan Mitsubishi, Koito juga mengaku sedang fokus untuk memperkuat jaringan penjualan dan purna jual di seluruh Indonesia.

Saat ini menutur data sudah ada 121 diler Nissan yang tersebar di Indonesia dan butuh perbaikan sistem. Salah satu program yang digulirkan adalah memastikan kepuasan pelanggan. Saya tidak mau memberikan acuan detail bagaimana praktik dilakukan di lapangan karena Indonesia ini luas. Nissan Indonesia tahun ini juga akan mengambil sejumlah langkah untuk merealisasikan visi Intelligent Mobility.

Top