Royal Enfield Siap Dobrak Pasar di Segmen Motor 350-750 cc

Royal Enfield Targetkan Penjualan Produk Berkapasitas Menengah – Royal Enfield merek sepeda motor buatan Inggris yang kini menjadi bagian dari salah satu perusahaan ternama Eicher Motors Ltd yang berada di India, diketahui berencana tidak akan memproduksi lagi produk dengan kapasitas mesin di atas 750 cc. Kenapa ya?

Royal Enfield Targetkan Penjualan Produk Berkapasitas Menengah

Berhubungan dengan tak diproduksinya lagi motor buatannya berkapasitas di atas 750 cc, CEO Royal Enfield Siddhartha Lal pun mengatakan bahwa selain motor di atas 750 cc, pihaknya juga bakal memberi kepastian tidak akan menawarkan sepeda motor bermesin di bawah 350 cc. Tentu, keterangan tersebut mengisyaratkan bahwa Royal Enfield akan lebih fokus bermain di segmen sepeda motor berkapasitas mesin menengah. Bahkan, menurut rencana, target dari Royal Enfield ingin menjadi pemimpin pasar di segmen menengah dalam lima tahun.

Di sisi lain, perlu diketahi juga bahwa untuk saat ini Royal Enfield menjual 5.000 unit motor bermesin 500 cc, di antaranya Royal Enfield Bullet 500, Classic 500, Thunderbird 500, dan Continental GT 535.

“Kami tidak akan melampaui itu (750 cc), dan kami juga tidak akan di bawah 350 cc. Itulah pasar di mana kami bermain, dengan berbagai alasan tentunya. Salah satunya adalah karena kami tidak melihat adanya skala volume besar di India atau pasar negara berkembang lainnya untuk sepeda motor di atas 750 cc. Ekonomi kita hanya bekerja bila kita dapat menjual secara besar-besaran,” kata Siddhartha, sebagaimana diberitakan Indianautosblog.

Tak hanya itu saja, salah satu alasannya dikarenakan rata-rata lalu lintas di beberapa negara berkembang terbilang sangat padat sehingga sepeda motor tidak dapat dipacu dengan kecepatan lebih dari 120 kilometer per jam. Oleh sebab itu maka pihaknya tetap bertahan dengan mesin 350 sampai 750 cc. “Motor Royal Enfield sangat layak dikendarai di jalan raya perkotaan,” tegasnya.

Di samping itu, untuk saat ini diketahui setidaknya ada sekira 25 gerai eksklusif di luar India di mana rencananya nanti akan ditambah sebanyak 20 sampai 25 lagi pada tahun 2017 ini. Beberapa di antaranya yakni Thailand, Indonesia, Kolombia, dan Brasil. Penambahan gerai tersebut akan terus bertambah pada tahun-tahun yang akan datang.  Bahkan, pihak pabrik sendiri percaya empat negara tersebut memiliki potensi sangat besar dalam memasarkan produk-produk Royal Enfield.

Top