Harley Davidson Siap Bangun Pabrik di Asia Tenggara

Harley Siapkan Pabrik Barunya di Thailand – Tampaknya, untuk memperluas pasarnya di kawasan Asia, Harley-Davidson pun membangun pabrik perakitan di negeri Gajah Putih, yaitu Thailand. Menurut wacana, diketahui bahwa pabrik ini akan merakit beberapa unit motor menggunakan komponen yang dikirim dari pabrik atau pemasok dari Amerika Serikat (AS).

Harley Siapkan Pabrik Barunya Di Thailand

Berkaitan dengan pembukaan pabrik baru Harley tersebut, jika mendasarkan atas laporan yang dilansir dari New York Times pada Jumat (26/5/2017), pabrik yang rencananya rampung tahun 2018 mendatang ini dibangun agar produsen motor besar buatan Amerika Serikat itu dapat melayani permintaan yang semakin pesat, terutama di Tiongkok dan Asia Tenggara.

“Asia Pasifik adalah pasar yang sedang bertumbuh, di sana ada kelas menengah yang bertumbuh, tren belanja yang positif, dan meningkatnya permintaan terhadap sepeda motor yang lebih besar,” ujar juru bicara perusahaan.

Tak hanya sebagai perluasan pasar saja, namun menurut Marc D. McAllister selaku Managing Director of International Sales Harley-Davidson pun juga mengatakan bahwa pembangunan pabrik ini tidak akan melepaskan peran mereka di AS dalam membuka lapangan kerja, sebagaimana yang diinginkan presiden Donald Trump.

“Ini sama sekali bukan tentang mengambil pekerjaan dari AS. Ini tentang menumbuhkan bisnis kita di Asia,” ujar McAllister.

Nah, apabila kabar akan pembukaan pabrik di Thailand ini benar-benar terealisasi maka dipastikan akan ada sejumlah keuntungan tersendiri yang akan dirasakan konsumen, yakni Motor Harley berpotensi lebih murah. Pasalnya, sebelum ini, ada tarif impor yang cukup besar di beberapa negara. Sementara itu, untuk impor dari Thailand sendiri, tarif impor mencapai 60 persen.

“Dengan membangun pabrik perakitan ini, kami lebih dekat dengan konsumen dan bisa lebih responsif dan kompetitif,” tutup sang juru bicara.

Di sisi lain, dengan dibukanya pabrik baru di Negeri Gajah Putih tersebut maka tak menutup kemungkinan juga bahwa Harley Davidson sendiri juga akan membuka cabang di Indonesia. Pasalnya, peminat moge legendaris asal Negeri Paman Sam dari Indonesia pun bisa dibilang cukup banyak dan bisa menjadi target pasar yang cukup menguntungkan.

Top