Ekspor Motor Honda Terus Menanjak

Ekspor Motor Honda Merangkak Naik РMeski tak menyandang predikat sebagai produsen pengekspor terbanyak di Indonesia, PT Astra Honda Motor (AHM) terus konsisten menaikan kapasitas pengiriman keluar negeri. perlahan tapi pasti, angka ekspor terus naik dilihat dari performa dari awal tahun 2017 ini. Melihat data distribusi Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), performa ekspor AHM awl tahun ini sudah banyak perubahan kenaikan  berlipat ganda dibandingkan angka rata-rata dengan tahun sebelumnya.

Selama Januari-April 2017, total motor yang di ekspor tembus di angka 36.419 unit. Secara rata-rata, AHM mengapalkan sepeda motor ke pasar mencanegara 8.000-10.000 unit per bulan. Dibandingkan dengan pencapaian tahun lalu, yang masih berkutat di angka 4.000-5.000 an unit saja.

Angka tersebut terus merangkak naik akibat dari model-model yang selama ini sudah jadi komoditi ekspor semakin diminati. Misalnya saja Honda BeAT eSP, motor ini di ekspor rata-rata 1.000-4.000 unit per bulan tahun lalu dan berhenti pada Agustus 2016. Sekarang seiring dengan hadirnya model-model baru dengan tampang yang lebih segar BeAT masih menjadi tulang punggung untuk pengiriman keluar negeri, dan dengan jumlah angka yang semakin besar.

Rata-rata motor ini di ekspor ke negara-negara Asia Tenggara, terutama Filipina. Lalu ada pemain baru di pasar ekspor yakni Vario 125 dan Vario 150 eSP yang tahun lalu berpartisipasi. Duet ini juga mampu mendongkrak performa perusahaan dalam urusan ekspor. Debut per Januari 2017 masing-masing sudah dikirim e luar negeri hampir 5.000 an unit. Pelan-pelan kontribusi kini mulai naik. Kini AHM sudah mampu mencaplok 29,51 persen pasar ekspor sepeda motor nasional. sementara Yamaha yang menjadi salah satu basis produksi untuk motor-motor tertentu masih memimpin dengan raihan angka 70.660 unit, atau mengusai pasar dengan campaian 57,26 persen.

Top