Pintu Bermasalah, BMW Recall 45.484 Unit Seri 7

BMW Seri 7 Siap Ditarik Kembali Akibat Masalah Pada Pintu – Sehubungan dengan terjadinya masalah pada pintu mobil, BMW Amerika Serikat memang diketahui tengah bersiap untuk mengadakan kampanye penarikan (recall) untuk unit seri 7 E65. Jika dihitung total ada sekitar 45.484 unit E56 keluaran tahun 2005 hingga 2008 yang termasuk dalam kategori bermasalah dan akan memperoleh perbaikan.

Bmw Seri 7 Siap Ditarik Kembali Akibat Masalah Pada Pintu

Keputusan recall ini diambil setelah pihak BMW menemukan banyak keluhan konsumen yang mengatakan jika pintu mobil kerap terbuka sendiri saat digunakan untuk berkendara meski sudah ditutup rapat sebelumnya. Kondisi tersebut pun langsung mendapatkan tindak lanjut dari National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA). Setelah melakukan penyelidikan, NHTSA kemudian mengajukan untuk melakukan recall kepada pihak BMW.

NHTSA sendiri berpendapat jika masalah ini memiliki potensi yang cukup tinggi untuk menyebabkan kecelakaan dan kerugian. Sistem Comfort Access atau Soft Close Automatic yang seharusnya menjadi keunggulan dari seri 7 untuk menawarkan kenyamanan pada para penumpangnya justru dinilai bisa memicu terjadinya kecelakaan.

Sejumlah mobil unit seri 7 yang sudah teridentifikasi memiliki masalah pada pintu ini meliputi 745i, 745Li, 750Li, 760Li dan B7 Alpina. Meski hingga saat ini belum ada laporan adanya korban jiwa yang disebabkan oleh masalah pintu BMW seri 7 tersebut, namun pihak BMW sudah menyatakan diri untuk siap melakukan perbaikan pada mobil dengan pintu yang bermasalah itu secara cuma-cuma.

Menurut rencana, pemberitahuan pada konsumen bakal dilakukan pada akhir bulan ini. Konsumen yang menemukan tanda-tanda bahwa pintu mobilnya bermasalah dan masuk dalam seri yang ditarik kembali diharapkan bisa langsung mendatangi jaringan bengkel BMW yang paling dekat untuk melakukan pengecekan kondisi pada pintu tersebut secara lebih lanjut.

Kasus recall yang disebabkan karena adanya masalah pada pintu sehingga membuatnya terbuka sendiri saat dikendarai tampaknya bukan yang pertama kalinya dialami oleh BMW. Pasalnya, recall serupa juga pernah dilakukan oleh BMW tepatnya pada tahun 2012 yang lalu. Pada saat itu, pihak BMW kurang lebih menarik kembali sekitar 7.500 unit BMW Seri 7 akibat masalah tersebut.

Top