Sepeda Motor “Hybrid” Ala Pentagon

Pentagon Buat Motor Hybrid SilentHawk – Mengikuti merek asal Perancis, Furion Motorcycle yang beberapa waktu lalu mengumumkan sepeda motornya yang memakai teknologi hybrid, kini kabar yang sama datang dari Amerika. Meski begitu, kabar tentang motor hybrid ini ternyata buka berasal dari pabrikan otomotif roda dua, melainkan Departemen Pertahanan atau yang populer dengan sebutan Pentagon.

Pentagon Buat Motor Hybrid Silenthawk

Pentagon saat ini memang diketahui tengah mempersiapkan sepeda motor untuk pasukan khusus yang dinamai dengan SilentHawk.  Menurut Logos Technologies selaku pengembangnya, purwa rupa dari motor SilentHawk ini merupakan sebuah sepeda motor hybrid-electric yang didesain untuk kebutuhan penyusupan taktis.

Secara gampangnya, pasukan khusus Amerika memerlukan kendaraan diam tanpa suara atau memiliki suara yang kecil untuk bisa dipakai oleh dua orang dan peralatan di medan perang atau tempur yang berguna untuk mengagetkan dan menangkap atau membunuh orang jahat.

SilentHawk sendiri memiliki ukuran yang kecil serta ramping. Ukuran bodinya tersebut membuat motor ini cocok dipakai untuk berkendara di hutan belantara, jalur gunung yang sempit serta dataran berbatu. Motor tersebut ditenagai dengan powertrain hybrid yang dipasangkan dengan baterai lithium ion 5,8 kWh. Mesin pembakarannya bisa disuplai dengan bensin standar hingga propana, AVGS (Aviation Gasoline), bahkan juga bahan bakar jet.

Dengan begitu, motor ini bisa melaju hingga 170 mil tanpa pengisian bahan bakar, termasuk dua jam penggunaan mode listrik yang dilakukan untuk sekali pengecasan. Sepeda motor istimewa itu juga memiliki kecepatan tertinggi 80 mph dan berat 350 pound.

VP Business Development Logos Technologies, Dough Rombough mengatakan bahwa terkait dengan ukurannya yang relatif kecil, maka beberapa unit motor ini bisa dimasukkan di bagian belakang helikopter V-22 sehingga bisa diturunkan di lokasi tertentu. Selain itu suara yang terdengar dari motor tersebut hanyalah merupakan suara gesekan ban dengan permukaan jalan serta gerakan rantai.

Motor ini juga mempunyai fitur menarik seperti sistem all-wheel-drive yang berguna untuk memperoleh traksi yang lebih baik di medan kasar. Akan tetapi, para pengembang tampaknya belum menyetujui jika motor ini masuk ke jalur produksi. Pasalnya, masih ada beberapa hal yang perlu dikembangkan lagi alias belum sempurna.

Top