Berkah Ramadhan Penjualan Daihatsu Meningkat

Daihatsu Kejatuhan Berkah Ramadhan dan Lebaran – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mendapatkan angin segar pada momen Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri tahun ini. Ditengah pasar ritel otomotif nasional yang menurun, merek yang sekarang satu payung dengan Toyota itu justru berhasil meningkatkan penjualannya.

Marketing & CR Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operatin (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso menjelaskan bahwa pasar retail bulan lalu Mei 2017 turun sekitar 4 persen, namun pencapaian Daihatsu malah meningkat. “Ini karena lebaran mepet pada bulan Juni, jadi mungkin banyak orang yang mencari mobil baru. Jadi naiknya sangat signifikan dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya mencapai 7-8 persen jika dibandingkan bulan April 2017, “ujar Hendrayadi, di La Plazza, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (5/6/2017).

Pada Mei 2017 lalu ADM berhasil membukukan penjualan retail 75.183 unit, dan meraup pangsa pasar 17,7 persen. Sementara data wholesales tercatat 80.878 unit pada bulan Mei 2017. Grand Max masih menjadi penyumbang terbesar penjualan Daihatsu di Indonesia. Khusus bulan Mei 2017 model ini berkontribusi 29 persen dari total retail Daihatsu. Lalu disusul Sigra dengan kontribusi 25 persen.

Kemudian ada Xenia, yang berturut-turut menyumbang angka 19 persen, lalu ada Ayla sebesar 15 persen, Terios 7 persen dan sisanya 5 persen di sumbang berbagai model Daihatsu diantaranya termasuk Sirion, Copen, sampai dengan Luxio. Hendrayadi mengatakan kalau usia panen besar seperti ini, biasanya yang repot mempertahankan pasar usai Lebaran.

Bisa dibilang Juni 2017 ini tak hanya Daihatsu yang meningkat penjualannya tetapi juga dengan merek-merek lainnya juga akan kerepotan bertahan dengan pasar seusai Lebaran.┬áKepotong lebaran seminggu setelah Lebaran diakhir bulan. Belum lagi satu minggu untuk mudik. Efektif nya kami bisa menjual mobil 2,5 minggu. Pasti akan turun,” ujar Hendrayadi.

Top