Mudik, MPV Bekas Laris Manis

MPV Bekas Jadi Incaran Pemudik – Mudik menjadi ritual tahunan masyarakat Indonesia ketika menjelang hari raya khususnya Idul fitri. Tak heran jika menjelang momentum ini berbagai persiapan pun dilakukan oleh pemudik maupun pemerintah guna mendukung kegiatan ini agar berlangsung secara aman dan lancar. Sementara itu, dalam rangka mudik tersebut rupanya juga turut mendongkrak penjualan mobil-mobil bekas.

MPV Bekas Jadi Incaran Pemudik

Hal tersebut diungkapkan oleh Chief Operation Officer Mobil88, Halomoan Fischer yang mengatakan bahwa menjelang lebaran, masyarakat butuh mobil yang dapat mengangkut banyak orang. Sehingga mobil Low MPV seperti Avanza dan Xenia pun menjadi incaran para konsumen. “Sebenarnya ada kenaikan sedikit menjelang Lebaran ini di Low MPV, seperti Avanza-Xenia. Menjelang Lebaran ini untuk mudik, buat ngangkut keluarga banyak. Itu biasanya butuh MPV dan fokusnya di low MPV,” ungkapnya.

Menurutnya, penjualan Low MPV bekas ini mengalami peningkatan sebesar 5% menjelang hari raya lebaran. Selain itu, mobil dengan model hatchback dan city car juga cukup banyak diburu konsumen. Hal ini tidak lepas dari banyaknya keluarga kecil di Indonesia yang membutuhkan sarana transportasi yang efisien. “Mobil-mobil compact itu yang paling banyak kedua setelah Low MPV. Mobil compact kayak Agya, Ayla, Yaris, hatchback dan city car itu bisa di level 15 persen dari total penjualan, kalau hari biasanya paling cuma 10 persen sebelumnya,” ujar Fischer.

Mobil-mobil compact seperti hatchback dan city car ini kebanyakan memang dipilih konsumen di kota-kota besar seperti Jakarta. Bahkan tren peningkatan peminat mobil jenis ini terjadi sejak dua tahun terakhir. “Terutama di Jakarta, mungkin karena macet, kemudian bicara space parkir. Kalau macet kan enak selap selip, kalau space parkir kan banyak gedung-gedung yang parkirnnya terbatas, kalau mobil gede susah. Kebutuhan mobil kecil lebih simpel lah, terutama di Jakarta,” katanya.

Nah, apakah kawan-kawan juga termasuk salah satu yang berniat untuk membeli mobil bekas untuk mudik? Tentu penting bagi kawan-kawan untuk dapat memilih mobil yang tak hanya sesuai dengan selera namun juga sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

Top