Motor Sport Honda Kalah Laris dari Motor Sport Yamaha

Penjualan Segmen Motor Sport Honda Menurun – Honda masih menjadi motor terfavorit di Indonesia dengan menempati penjualan paling laris selama Mei 2017. Dilansir dari otomotif.liputan6.com, berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Honda di sebut telah menjual sebanyak 402.685 unit sepeda motor pada Mei 2017 ini. Namun, meskipun menjadi merek paling laris dengan penjualannya yang menempati rangking pertama, hal tersebut tak lantas membuat semua segmen motornya laris manis.

Penjualan Segmen Motor Sport Honda Menurun

 

Pasalnya pada bulan Mei 2017 yang lalu, segmen motor sport Honda rupanya masih kalah laris dibandingkan dengan motor sport milik pesaing utamanya yakni Yamaha. Honda hanya mampu menjual 22.067 unit motor sport pada bulan tersebut. Sementara itu, Yamaha mengungguli rivalnya tersebut dengan mampu menjual sebanyak 25.533 unit motor sport di waktu yang sama. Yamaha V-xion menjadi yang terbanyak dijual di segmen ini.

Hal ini tentu cukup mengherankan, pasalnya seperti diketahui bahwa Honda memiliki banyak model motor sport yang selalu merajai pasar di semua. Menanggapi hal tersebut, Direktur PT. Astra Honda Motor (AHM), Thomas Wijaya pun tak tinggal diam. Menurutnya, saat ini daya beli masyarakat untuk kelas high seperti motor sport sedang mengalami penurunan. “Sekarang banyak yang mau untuk daily use, fungsional, lebih simpel, mungkin harganya lebih terjangkau, makanya matik masih tumbuh signifikan,” ungkap Thomas saat ditemui di kawasan Gondangdia, Jakarta, Rabu (14/6/2017).

Menurutnya, penurunan penjualan motor sport dibulan Mei yang lalu juga disebabkan karena kondisi ekonomi yang belum stabil, termasuk karena inflasi di kuartal pertama 2017. Di sisi lain, ketika segmen motor sport mengalami penurunan 30% dibanding tahun lalu, segmen motor matik justru mengalami peningkatan 23 % dibandingkan dengan tahun lalu.

Jika menilik pada rincian penjualan motor sport Honda, CB150R Street Fire menjadi yang paling favorit dengan penjualan sebanyak 7521 unit, kemudian diikuti CBR150R 7.241 unit, Verza mencapai 6.204 unit, lalu CBR 250 RR dan Mega Pro masing tercatat 869 unit dan 381 unit. sementara itu, untuk Yamaha sendiri V-Ixion menjadi yang paling banyak dengan angka 16.198 unit yang diikuti oleh R15 sebesar 8.526 unit, Xabre mencapai 433 unit, Byson 157 unit, R25 sebanyak 123 unit, dan MT 25 tercatat 96 unit.

Top