Skuter Premium Honda SH150i Tak Terlalu Diminati

Skuter Honda SH510i Sepi Peminat – Rasa optimis PT Astra Honda Motor (AHM) untuk salah satu produk barunya yang mengisi segmen skutik premium 150 cc, SH150i  sepertinya memang harus sedikit ditekan. Pasalnya, penjualan awal skuter tersebut menunjukkan hasil yang tak begitu menggembirakan. Bahkan hasil penjualannya bisa dikatakan justru masih jauh dari target.

Skuter Honda Sh510i Sepi Peminat

Skuter premium yang diboyong secara utuh dari Vietnam tersebut melakukan debut perdana pada gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 beberapa waktu lalu. Sejak peluncurannya hingga saat ini, data yang diberikan oleh Direktur Pemasaran AHM, Thomas Wijaya menunjukkan bahwa model skuter ini jumlah pesanan maksimalnya hanya sebanyak 10 unit saja.

Angka ini sudah pasti menggambarkan hasil yang masih jauh dari harapan. Ketika rilis pada bulan mei 2017 lalu, Presiden  Direktur AHM, Toshiyuki Inuma menuturkan bahwa SH150i ditargetkan akan terjual sebanyak 200 hingga 300 unit pada setiap tahunnya. Jika dihubungkan dengan hasil penjualan skuter tersebut pada saat ini, tentu target tersebut bakal cukup sulit untuk direalisasikan.

Usia motor ini memang sekarang baru sebulan, namun berdasarkan teori euforia terhadap satu produk baru biasanya akan meningkatkan jumlah pesanan. Ketika masa-masa euforia SH150i ini saja terlihat sepi, maka kemungkinan hal ini akan menjadi kesulitan sendiri bagi produk tersebut dalam beberapa waktu ke depan.

Terkait dengan kesesuaian harapan, Thomas mengatakan jika pihaknya masih ingin mencoba segmen baru bagi mereka yang lebih menyukai gaya klasik Eropa. Sehingga tahap percobaan ini masih akan dipelajari lagi untuk ke depannya.

SH150i memang bisa dikatakan sedikit tanggung. Skuter ini memiliki  kapasitas mesin yang sama dengan PCX150 atau Vario Techno 150. Dengan harga jual Rp 44,9 juta, kemungkinan lebih banyak orang yang tertarik untuk membeli PXC 150 yang dijual Rp 40 jutaan atau yang lebih murah lagi Vario Techno 150 dengan harga Rp 21,6 jutaan.

Pilihan mesinnya pun juga hampir sama dengan dua saudaranya. Jika diperkirakan, SH150i akan bersaing dengan skutik premium Eropa seperti Piaggio, Vespa, dan Peugot. Namun dari segi tampilan, skuter Honda ini akan menjadi rival dari Piaggio Medley.

Top