Pemudik Wajib Baca! Kerusakan yang Sering Terjadi pada Kendaraan Pemudik

Kerusakan yang Sering Terjadi pada Mobil Pemudik – Mungkin banyak dari kawan-kawan yang sebentar lagi akan melakukan mudik ke kampung halaman. Memang banyak yang menyarankan jika mudik lebih baik menggunakan kendaraan umum, namun karena berbagai alasan banyak pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi khususnya mobil. Untuk itu, ketika Anda akan melakukan mudik tentu kawan-kawan harus terlebih dahulu memeriksa keadaan kendaraan terlebih dahulu untuk menghindarkan dari berbagai masalah yang mungkin dapat terjadi.

Kerusakan Yang Sering Terjadi Pada Mobil Pemudik

Untuk itulah, penting bagi kawan-kawan untuk mengetahui bagian mobil mana saja yang kerap kali mengalami kerusakan saat mudik lebaran. Dilansir dari oto.detik.com, Service Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Riecky Patrayudha mengatakan bahwa kerusakan pada rem, kopling dan overheat merupakan masalah yang paling sering terjadi saat mudik. “Pertama rem, kopling, lalu overheat. Kecuali waktu kasus Brexit kemarin, overheat yang tinggi,” ungkapnya.

Menurutnya, masalah ini khususnya overheat biasanya terjadi karena sistem pada radiator tidak berfungsi dengan baik atau mengalami kerusakan. “Pendingin. Biasa masalah switch radiator fan, enggak nyala. Itu enggak cek dulu. Nah itu kami siapkan di bengkel (siaga),” katanya.

Untuk itu, untuk dapat menghindari hal tersebut, dirinya mengatakan ketika mulai terjadi overheat pada mesin pengemudi sebaiknya menepi di pinggir jalan sesegera mungkin.  Pasalnya, jika dilanjutkan maka overheat tersebut bisa menimbulkan masalah yang lebih besar lagi seperti terbakar dan lain-lain. “Tambah air baru bisa jalan lagi. Nah baru jalan ke posko terdekat, atau nanti kita jemput. Tapi jangan dipaksa panas jalan terus, wah melenting,” tutupnya.

Perjalanan panjang yang jauh memang menjadi salah satu penyebab masalah yang biasanya terjadi saat mudik. Untuk itulah ketika Anda melakukan mudik, memang semua harus dipersiapkan dengan matang. Tak hanya kendaraan saja, namun juga kesiapan fisik dan pengetahuan mengenai mesin kendaraan yang Anda tinggangi juga sangat lah penting. Bukan tidak mungkin, karena ketidak tahuan atas kendaraan yang dikendarainya bisa menjadi masalah yang memiliki resiko besar pada pengemudinya. Nah, untuk kawan-kawan yang akan melakukan mudik, semoga informasi ini berguna.

Top