Ini Maksimal Berat Barang yang Boleh Dibawa di Atas Mobil

Maksimal Berat Barang yang Boleh Dibawa di Atas Mobil – Mudik menjadi salah satu momentum yang dinantikan oleh umat muslim di Indonesia. Saat melakukan perjalanan mudik, pemudik diharuskan untuk memperhatikan kondisi kendaraan agar perjalanan lancar. Selain itu, yang tak kalah penting adalah barang bawaan yang dibawa saat mudik.

Maksimal Berat Barang Yang Boleh Dibawa Di Atas Mobil

Ketika mudik memang banyak orang yang membawa banyak barang bawaan untuk dapat dibagikan ataupun sekedar oleh-oleh di kampung halaman. Hal ini bukan sesuatu yang salah, namun jika kawan-kawan membawa barang bawaan saat mudik diluar batas yang diizinkan tentu bukan hanya membahayakan namun juga dapat merugikan orang lain.

Pasalnya, sering kita lihat ketika musim mudik tiba, banyak para pengendara khususnya mobil yang membawa barang bawaan di atas roofbox karena sudah tidak muat di bagasi. Namun rupanya hal tersebut pun tidak boleh sembarangan. Dilansir dari oto.detik.com, Nissan melalui siaran persnya menyatakan jika pengendara membawa muatan berlebih dari roofbox, hal tersebut akan mempengaruhi kestabilan dan keseimbangan mobil dalam melaju.

Dijelaskan pula bahwa jika Anda ingin membawa barang menggunakan roofbox, pastikan bahwa barang bawaan tersebut tidak lebih dari 50 kg. “Pastikan roof box tidak diisi oleh muatan yang memiliki berat lebih dari 50 kg, dengan ini kestabilan mobil dapat lebih terjaga,” tulis Nissan dalam siaran pers tersebut.

Tak hanya itu saja, yang juga penting adalah kapasitas penumpang yang harus disesuaikan dengan spesifikasi mobil yang digunakan. Pasalnya, jika Anda memaksakan penumpang lebih dari kapasitas yang mampu ditampung oleh mobil, posisi duduk akan menjadi kurang nyaman dan tentu saja akan berpengaruh pada kestabilan. Nah, hal ini yang kerap kali diabaikan oleh para pemudik.

Selain itu, penting juga bagi Anda yang memiliki buah hati yang masih berumur 0-7 tahun, pastikan bahwa si kecil menggunakan car seat atau booster seat untuk 7 tahun keatas yang telah terhubung dengan sabuk pengaman. Pasalnya, hal ini memang kerap kali diabaikan oleh para pemudik.

Sementara itu, untuk menghindarai macetnya kendaraan karena kehabisan bahan bakar, pengecekan teratur wajib dilakukan khususnya ketika akan memasuki jalan tol atau bahkan jalanan yang jauh dari SPBU.

Top