Resmi : Yamaha Vietnam Rilis Exciter 150, Intip Yuk!

Yamaha Vietnam Rilis Exciter 150 – Pada dunia perotomotifan di tanah air saat ini sedang dihebohkan dengan motor bebek sport terbaru buatan produsen motor berlambang garputala.  Motor tersebut adalah Yamaha Jupiter MX King 150 yang diciptakan untuk menghadang kedigdayaan motor bebek underbound Suzuki yakni Suzuki Satria F150. Setelah sebelumnya salah satu negara yang berada di Asia Tenggara yaitu Vietnam telah mengetahui secara langsung produk ini yang mempunyai nama berbeda yaitu Yamaha Exciter 150 mulai dari test ride sampai dengan sesi iklan. Pada hari Kamis (18/12/2014) kemarin warga di negara tersebut telah mendapatkan kesempatan untuk memiliki dan merasakan motor bebek sport Yamaha terbaru ini karena telah di rilis secara resmi pada hari itu. Sedangkan untuk di Indonesia masih sebatas test ride di kawasan Karawang – Bekasi dan sekitarnya untuk menguji durability dan aspek lainnya. Oke bro dan sis sekalian karena Exiciter 150 ini telah dirilis di Vietnam lebih dulu, mari kita intip spesifikasi mengenai New Yamaha Exiciter 150 ini.

Yamaha Vietnam Rilis Exciter 15

Kita lihat berubahan yang cukup drastis dari bagian fisik sampai dengan jeroannya. Pada bagian body dari depan sampai belakang motor bebek ini malah terlihat bukan motor bebek melainkan motor sport. Bagian depannya menggunakan lampu utama tepat di depan kemudi kemudian didukung dengan lampu sein berjenis LED dibagian bawah lampu utamanya yang menyatu dengan body. Lalu pada bagian samping terlihat masih sama seperti versi lawas. Sedangkan perubahan drastis terjadi pada bagian ekor motor ini, spakbor yang menggantung didukung dangan stop lamp yang sepertinya diambil dari stop lamp Yamaha YZF R25 membuat motor ini kehilangan aura bebek underboundnya melainkan menjadi bebek sport. Apalagi pada kaki-kakinya yang makin gambot, mengaplikasikan velg yang digunakan Yamaha NVL dengan ban berukuran 90/80 pada bagian depan serta 120/70 pada bagian belakangnya. Serta knalpot yang mencomot motor sport batangan mereka yaitu Yamaha NVL juga semakin menambah kesan sporty.

Yang paling heboh adalah kapasitas mesin yang makin menggembung menjadi 150 cc SOHC. Dengan dimensi ruang bakar 57 x 58,7 mm lebih ke overstroke namun diset dibawah Yamaha NVL serta Yamaha YZF R15 karena jika sama maka tidak lucukan jika motor bebek dapat mengalahkan motor sport sepabrikan. Dengan mesin tersebut akan menghasilkan power maksimal 11.3 Kw (15.4PS) pada putaran mesin 8500 RPM dan torsi maksimum 13,8 nm pada putaran mesin 7000 RPM. Dengan angka tersebut bebek sport ini akan berpotensi untuk mengalahkan saingan utamanya yaitu Suzuki Satria F150 karena tenaganya hampir sama dan bobot Exiciter 150 ini juga tergolong ringan yaitu 115 kg saja. Perkiraannya untuk spesifikasi motor ini akan sama seperti Yamaha Jupiter MX King 150 untuk pasar Indonesia. Baca juga Yamaha MX King 150 diluncurkan dan Spyshoot Test Ride MX-King di Indonesia.

Top