Kenapa Jalanan Lurus Bikin Ngantuk? Ini Jawabannya!

Alasan Jalanan Lurus Bikin Ngantuk – Jalanan lurus layaknya di jalan tol memang cukup mempermudah dan mempercepat perjalanan. Pasalnya, ketika melewati jalanan lurus pengemudi memang akan dimudahkan tanpa harus menggunakan banyak pedal. Namun, seperti yang diketahui jalanan yang lurus terkadang justru menjadi suatu yang membuat kantuk dan tidak jarang menimbulkan kecelakaan seperti yang kerap terjadi di jalan tol. Lantas apa alasannya hal tersebut bisa terjadi ya?

Alasan Jalanan Lurus Bikin Ngantuk

Nah, terkait hal tersebut, rupanya Mattews G dan Desmond memiliki jawabannya yang tertulis dalam sebuah artikel ilmiah yang dilansir dari The Quarterly Journal of Experimental Psychology. Dalam artikel tersebut, keduanya mengatakan bahwa berdasarkan studi simulator yang dilakukan, menghasilkan sebuah fakta bahwa memang ditemukan sebuah penurunan kinerja yang signifikan ketika seorang pengemudi sedang mengemudikan kendaraannya dijalanan yang lurus.

Hal tersebut pun tidak terjadi ketika mengemudi di jalanan berkelok ataupun menikung. Pasalnya, hal tersebut dikarenakan beban kerja yang lebih tinggi saat melewati jalanan berkelok.  Tak berbeda dengan pernyataan Centre for Accident Research & Road Safety—Queensland (CARRS-Q) yang juga menyebut bahwa jalanan lurus dan panjang akan berbahaya karena dapat menyebabkan kantuk.

Nah, terkait hal tersebut Pierre Thiffault dan Jacques Bergeron dalam jurnal Accident Analysis and Prevention memiliki jawabannya. Dalam jurnal yang ditulis tahun 2001 tersebut keduanya mengatakan bahwa mengantuk ketika berkendara di jalanan lurus dan panjang berkaitan dengan situasi monoton yang dialami oleh tubuh. Sehingga akan berpengaruh pada kewaspadaan saat berkendara. Hal ini lah yang membuat seringnya terjadi kecelakaan di jalanan yang lurus.

“Reaksi psikologis terhadap situasi monoton terutama terdiri dari perasaan bosan dan kantuk, ditambah dengan kehilangan minat terhadap tugas yang sedang dihadapi,” ungkap keduanya dalam jurnal tersebut.

Selain itu, faktor lain yang kerap menyebabkan terjadinya kecelakaan dijalanan lurus adalah karena kondisi jalan lurus yang dapat mengurangi konsentrasi karena jalanan yang lurus menstimulus sedikit gerak sensorik dibandingkan dengan jalanan yang berkelok. “Stimulasi sensorik yang rendah menyebabkan gairah yang rendah,” ujar mereka.

Top