Distribusi Swift Distop, Buka Jalan Bagi Baleno “Hatchback”?

Pasokan Suzuki Swift Dihentikan – Data distribusi yang diambil dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) paling baru menunjukkan jika PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) terlihat sudah tidak lagi memasok All New Swift terhitung dari bulan April 2017 lalu. Strategi apa yang saat ini tengah dijalankan oleh pihak Suzuki?

Pasokan Suzuki Swift Dihentikan

Jika dihitung memang sudah sekitar dua bulan All New Swift tidak lagi didistribusikan dari gudang ke diler. Hal ini terjadi diperkirakan karena dua kemungkinan. Pertama, SIS bakal merilis generasi anyar hatchback segmen-B tersebut, seperti yang telah dilakukannya di berbagai tempat di dunia.

Generasi terbaru Swift sendiri sudah dirilis di Jepang pada bulan Desember lalu. Sedangkan untuk beberapa negara di Eropa. mobil ini juga sudah mulai dipasarkan dan mendapatkan respon yang lumayan positif. Untuk peluncurannya di Indonesia, tampaknya memang hanya menunggu waktu saja.

Kemungkinan yang kedua adalah SIS sedang berusaha untuk membuka jalan bagi Baleno hatchback yang juga akan hadir sebentar lagi. Model ini juga akan dilepas untuk mengisi segmen yang sama.

Jadi, kemungkinan mana yang paling masuk akal? Jika dilihat tampaknya kemungkinan yang kedua lebih sesuai. Pasalnya, SIS telah menyatakan jika Baleno hatchback akan hadir lebih dulu. Apalagi hal ini diperkuat dengan bukti otentik tentang aktivitas distribusi Baleno.

Direktur Pemasaran SIS, Donny Saputra pernah menuturkan jika Baleno hatchback jika dilihat dari segi dimensi akan menjadi lawan sesungguhnya untuk Honda Jazz dan Toyota Yaris di segmen hatchback. Ditambah lagi karena Swift terbaru berdasarkan data tidak akan lebih tinggi dari pendahulunya.

Swift terbaru didesain dengan menggunakan platform Heartect yang mengurangi bobot, meningkatkan kekakuan, dan membuat performanya lebih bagus daripada model sebelumnya. Model baru ini juga lebih panjang 10 mm (3.840 mm), mengurangi tingginya 10 mm (1.525 mm), namun tetap dengan lebar yang sama, yakni 1.695 mm.

Bahkan jika menilik performa penjualannya, Swift terlihat kritis sebab pada Januari hanya dikirim 47 unit, Februari 4 unit, dan untuk Maret 41 unit. Di tahun lalu, jumlah totalnya hanya 844 unit, jauh dengan hasil yang didapat Jazz dengan capaian sekitar 8.300 unit dan Yaris memperoleh 7.500-an unit.

Dengan begitu stop pasokan Swift untuk memberi jalan Baleno Hatchback memang lebih masuk akal.

Top