53 Persen Pasar Mobil Nasional Didominasi Astra

Astra Kuasai Separuh Pasar Mobil Nasional – Kiprah Grup Astra menjadi penguasa di pasar mobil nasional memang tak bisa dipisahkan dari peran produk-produknya seperti Toyota, Isuzu, Daihatsu, dan Peugeot. Keempat merek yang berada di bawah naungan grup raksasa tersebut diketahui memberikan sumbangan untuk mendapatkan lebih dari setengah pasar, yaitu 53 persen terhitung dari bulan Mei 2017 lalu.

Astra Kuasai Separuh Pasar Mobil Nasional

Data yang tercatat di Gaikindo Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) selama bulan kelima di tahun 2017 menunjukkan jika merek-merek yang berada di bawah payung Grup Astra telah sukses menjual 50.071 unit dari keseluruhan pasar domestik, yakni sebanyak 93.661 unit.

Capaian yang didapatkan oleh Grup Astra itu sudah terbilang cukup untuk memimpin market share selama bulan Mei 2017 yang besarnya menyentuh angka 53 persen. Akan tetapi jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu, market share grup Astra ini justru mengalami penurunan dua persen.

Sedangkan, saat penjualan (wholesales) ketika dijumlah selama lima bulan pertama di tahun 2017, Grup Astra diketahui sudah memasok sebanyak 261.743 unit mobil untuk mendapatkan pangsa pasar sebesar 56 persen dari total pasar domestik yang jumlahnya 467.067 unit.

Toyota masih menjadi pemain utama di grup raksasa otomotif nasional tersebut dengan hasil penjualan pada periode Januari hingga Mei 2017 sebesar 173,964 unit. Kemudian, diikuti oleh Daihatsu di belakangnya dengan jumlah penjualan mencapai 80.878 unit. Sementara itu, Isuzu berkontribusi sebanyak 6.881 unit dan Peugeot dengan 20 unit.

Jika hasil tersebut ditilik lagi per segmen, Grup Astra juga tampak sangat kuat di segmen mobil murah ramah lingkungan (LCGC/KBH2). Pasalnya, sejak bulan Januari hingga Mei 2017, segmen ini telah menjadi milik grup otomotif tersebut sebesar 78 persen dengan perolehan penjualan 80.959 unit selama lima bulan pertama di tahun 2017.

Hasil penjualan yang sangat tinggi ini ternyata tak bisa dilepaskan dari kontribusi duo city car Toyota Agya dan Daihatsu Ayla serta model kembar MPV 7-penumpang Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Total pasar untuk mobil murah ramah lingkungan (LCGC) sendiri pada periode yang sama mampu menyentuh angka 104.388 unit.

Top