Tiga Knalpot Civic Type R Tak Cuma Sebagai Aksesoris

Ini Dia Fungsi Tiga Pipa Knalpot Pada Honda Civic Type R! – Honda Civic Type R yang merupakan model “hot hatch” asal Jepang memang tak hentinya menjadi bahan pembicaraan publik sejak mobil ini hadir dalam Geneva Motor Show yang diselenggarakan pada bulan Maret 2017 lalu. Mobil tersebut tak hanya memiliki penampilan yang sangar, bahkan performanya pun memiliki kualitas yang sama.

Ini Dia Fungsi Tiga Pipa Knalpot Pada Honda Civic Type R

2017 Honda Civic Type R memang cukup mendukung jika dibuat menjadi sangat agresif sebab mobil ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 310 PS (306 tk) dan torsi 400 Nm (295 lb-ft). Meski begitu tetap ada saja yang berpendapat jika bagian belakang mobil ini terlihat cukup berlebihan dengan penggunaan tiga pipa knalpot.

Senior Product Planner Honda Amerika, Rob Keough mengatakan jika tiga buah knalpot yang dipasang pada mobil ini memiliki fungsi bukan hanya sebagai hiasan saja.

Keough menjelaskan jika mobil menggunakan satu sistem pembuangan besar seperti model tradisional, maka ketika kendaraan melaju di jalan raya suaranya akan terdengar berdengung, meledak-ledak dan tidak nyaman saat digunakan dengan kecepatan tinggi. Alasan inilah yang membuat Honda memakai sistem tiga pipa.

Dua pipa berukuran besar di bagian kanan dan kiri mengadopsi straight-flow muffler sedangkan pipa bagian tengah memiliki fungsi sebagai resonator atau peredam suara yang dilengkapi dengan trik pemanja telinga lainnya.

Keough menambahkan jika sistem knalpot ini bisa mendukung gaya suara dan masih mampu menghadirkan kenyamanan di kabin penumpang. Ketika digunakan dengan kecepatan rendah, knalpot tersebut akan bergeram lebih keras dan agresif baik di bagian dalam maupun luar mobil.

Akan tetapi ketika dipakai untuk melaju di jalan raya, sistem knalpot ini sanggup meredam suara dan tidak menciptakan kebisingan. Sebagai hasilnya, pengemudi bisa merasakan arus besar dari kedua pipa luar namun tetap mendapatkan suasana kabin yang nyaman pada kecepatan berkendara tinggi.

Seluruh gagasan yang dipakai model Type R 2017 adalah mempunyai mesin yang natural dan jujur sehingga knalpotnya memang tidak dibuat dengan konsep suara palsu. Sistem knalpot tersebut didesain dengan sederhana sehingga pengemudi bisa merasakan kepuasan tanpa adanya komponen tambahan. Hal ini sekaligus menjadi solusi yang tak hanya tahan lama tetapi juga murah dan cukup efektif.

Top