Suzuki Siapkan GSX-R Bertenaga Listrik

GSX-R Bakal Jadi Motor Listrik Buatan Suzuki – Kendaraan bertenaga listrik tampaknya bakal menjadi salah satu kendaraan masa depan sehingga banyak produsen mobil yang memproduksi mobil listrik. Bahkan, seiring dengan berkembangnya teknologi, kendaraan roda dua pun kini juga bakal menggunakan teknologi listrik. Hanya saja, untuk sepeda motor listrik perkembangannya memang tidak secepat mobil. Bukan tanpa alasan mengingat penggunaan motor listrik membutuhkan baterai dengan daya besar supaya mampu melajukan kendaraan sejauh mungkin. Namun realitanya,  motor memiliki ruang terbatas serta daya angkut minim untuk menampung baterai.

Gsx R Bakal Jadi Motor Listrik Buatan Suzuki

Memang, untuk saat ini sebagian besar sepeda motor listrik yang sudah ada baru digunakan secara umum hanya untuk sekedar mengantarkan penggunanya pada jarak yang tidak terlalu jauh. Akan tetapi, usaha untuk merealisasikan sepeda motor bertenaga besar dengan penggerak ramah lingkungan itu sampai saat ini masih terus diupayakan. Bahkan, belum lama ini Suzuki dengan segala kecanggihannya telah mendapatkan paten untuk pengembangan sepeda motor bertenaga listrik. Motor itu merupakan jenis sport GSX-R.

Jika melihat gambar paten tersebut secara sekilas, sebagaimana dengan apa yang telah dilaporkan kembali oleh Visordown, disebutkan bahwa desain motor sport listrik buatan Suzuki ini berbeda dengan produk ramah lingkungan sejenis lainnya. Apalagi yang cukup menonjol yakni dalam menempatkan baterai dan motor listrik. Berdasarkan penampakan dari desain pada gambar paten tersebut, ‘mesinnya’ tampak bersusun rapi ke atas tidak diletakkan di sepanjang frame sepeda motor.

Di samping itu, sektor lain dari motor ini juga diketahui dari sistem transmisinya di mana menggunakan sistem transmisi enam percepatan. Bahkan, penerapan sistem multi-speed pada sepeda motor listrik bukanlah hal baru. Tentu saja, penerapan teknologi transmisi tersebut ditujukan untuk menunjang berlimpahnya torsi guna memicu akselerasi agar kian gahar.

Meski masih berstatus konsep, tampaknya kehadiran motor listrik ini sepertinya bukan motor yang bakal diproduksi secara massal setidaknya dalam waktu dekat. Namun, motor listrik buatan pabrik asal Jepang ini bisa jadi akan menjadi produk konsep yang memadukan teknologi listrik modern dengan konsep retro GSX-R.

Top