Bosch Banderol Mobil Listriknya Mulai Rp 243 Jutaan

Mobil Listrik Bosch Dijual Mulai Dari Rp 243 Jutaan – Bosch memang memberikan kejutan di pasar dalam negeri pada awal bulan Juni 2017 lalu dengan membawa skuter listrik baru yang merupakan hasil kerja samanya dengan produsen motor lokal, Viar. Di negara asalnya, produsen otomotif tersebut ternyata juga memiliki mobil listrik bernama e.Go Life.

Mobil Listrik Bosch Dijual Mulai Dari Rp 243 Jutaan

Meski e.Go Life saat ini memang belum dipasarkan, informasi terkait dengan harga jualnya justru telah bocor di internet. Mobil buatan Bosch tersebut akan dijual dengan harga mulai dari 15.999 euro atau sekitar Rp 243 juta. Mobil listrik berukuran kecil ini juga disebut-sebut bisa digunakan untuk menempuh jarak sejauh 80 mil dalam satu kali pengisian daya saja.

Menurut rencana, e.Go akan diproduksi di Jerman pada tahun mendatang dengan jumlah awal sebanyak 1.000 unit mobil. Akan tetapi, informasi yang diperoleh dari salah satu pihak Bosch mengatakan jika produsen mobil tersebut bahkan memiliki keinginan untuk memproduksi mobil ini dengan volume 10.000 unit dalam waktu dekat.

Bosch yang selama ini dikenal sebagai salah satu perusahaan penyuplai komponen otomotif besar di dunia, telah mengembangkan powertrain listrik untuk mobil tersebut. Selain itu, pihaknya mengatakan jika platform yang digunakan pun sudah terukur. Baterai dan motor 48 volt yang telah diberi daya, rupanya merupakan hasil adopsi dari kendaraan yang sudah ada.

Karena model ini hanya menggunakan motor DC 10.5kW dan berasal dari sistem 48V, Bosch tidak membutuhkan litbang atau investasi yang besar, sehingga biaya yang diperlukan pun bisa diatur agar tetap rendah. Baterai lithium 14.4 kWh dengan berat sekitar 90 kg, pengisian dayanya hanya membutuhkan waktu sekitar lima setengah jam. Walaupun pada perkiraan awal, baterai ini hanya mendukung sejauh 80 mil, namun sistem extender mampu jarak tempuhnya hingga 105 mil.

Kemungkinan mobil listrik Bosch ini untuk hadir di dalam negeri tetap ada atau kemungkinan lain salah satu pabrikan Indonesia menggunakan teknologi mobil listrik milik Bosch. Apalagi dengan adanya informasi bahwa harganya ditawarkan rendah karena tidak lagi memerlukan riset dan investasi yang berlebihan.

Top