Honda Civic Type R Terbaru hanya Gunakan Transmisi Manual Saja

Honda Tak Akan Sematkan Transmisi Otomatis pada Civic Type R – Terkait dengan produk buatannya yang mengusung nama Cicvic Type R, Honda diktahui telah memutuskan bahwa pabrikan tersebut hanya akan menawarkan transmisi manual saja untuk Civic Type R terbaru. Produen otomotif asal Jepang itu mengklaim bahwa sistem transimisi otomatis justru memiliki bobot yang terlalu berat. Hal itu disampaikan langsung oleh Yuji Matsumochi selaku assistant large project leader untuk Civic generasi 10.

Honda Tak Akan Sematkan Transmisi Otomatis Pada Civic Type R

Tipe R membutuhkan mesin ringan karena mobil ini menggunakan penggerak roda depan dan membutuhkan sistem yang ringan. Jadi, mesinnya tidak terlalu berat, begitu juga dengan transmisi pun harus lebih ringan. Jika kita menerapkan transmisi otomatis, atau transmisi dual-clutch, untuk mesin dengan torsi 400 nm, bobotnya akan sangat berat dan sangat besar. Bobot depan akan sangat berat,” katanya, Matsumochi yang dikutip dari Carscoops.

Sementara itu di sisi lain, disampaikan oleh Matsumochi, bahwa nantinya mobil yang bernama Honda Civic Type R ini akan dilengkapi dengan transmisi manual enam percepatan. Dengan transmisi manual tersebut, perusahaan telah mengklaim dan menetapkan bahwa tenaga yang dihasilkan mesin tembus 310 atau 320 ps.

D samping itu, diketahui juga bahwa dalam beberapa tahun terakhir ini, produsen mobil bermain di segmen berkinerja tinggi sudah bergeser dari transmisi otomatis menjadi manual. Selain itu, kini pun disinyalir sudah mulai meninggalkan sistem penggerak roda belakang dan beralih ke roda depan serta empat roda. Sementara itu untuk beberapa di antaranya masih mengandalkan fitur stick-shifts seperti Focus RS dan VW Golf R.

Selain itu, pihak Honda pun juga mengklaim bahwa melalui Civic Type R ini maka pengemudi akan merasakan pengalaman berkendara yang berbeda dari produk lainnya yang sudah pernah diproduksi. Bukan tanpa alasan mengingat Honda Civic Type R baru ini dikabarkan pernah memegang gelar sebagai mobil berpenggerak roda depan tercepat di sirkuit Nurburgring, Jerman. Di mana, catatan waktu yang diraih dalam sekali putaran yaitu 7 menit 43,80 detik.

Top