Keren, Truk yang Tak Butuh Sopir

Truk Otonom Masa depan – Industri otomotif di dunia memang terus berkembang, berbagai teknologi canggih pun turut melengkapi berbagai produk otomotif yang tercipta. Bahkan di masa depan, diprediksi mobil tanpa sopir akan berlalulalang di jalanan kota. Hal ini pun rupanya perlahan-lahan mulai terwujud. Einride sebuah pabrikan otomotif asal Swedia, baru-baru ini menguji kendaraan kargo otonom tanpa membutuhkan sopir manusia.

Truk Otonom Masa Depan

Hal ini tentu menjadi sebuah kabar yang cukup menggembirakan dunia otomotif. Pasalnya, pabrikan asal Swedia ini disebut memang sangat serius untuk menggarapa proyek mobil kargo otonom ini. Pihaknya pun disebut telah memperkenalkan prototipe mobil otonom ini. Jika melihat gambar yang beredar, dapat kita lihat bahwa mobil yang memiliki tampilan sangat futuristik itu hadir tanpa kaca depan.

T-pod, begitulah mereka menyebutnya. Truk yang dapat berjalan tanpa dikendalikan manusia ini didesain sebagai angkutan dalam kota dengan panjang 23 kaki dan memiliki kemampuan mengangkut hingga 20 ton. Selain itu, tak hanya memiliki kemampuan otonom saja, truk ini pun menggunakan listrik sebaga suplai dayanya, sehingga memang sangat cocok untuk kendaraan kargo masa depan.

Dengan membawa kapasitas baterai yang besar, truk ini diklaim akan mampu berlari hingga 24 mil. Sementara itu, meskipun tidak membutuhkan pengemudi namun truk ini tetap dapat dipantau melalui remote untuk mengetahui kapasitas baterai truk dan posisi atau keberadaan truk. Hingga saat ini, Einride selaku vendor dari turk masa depan ini masih tersu mengembangkan dan menyempurnakan produk buatannya tersebut.

Pihaknya memastikan bahwa pada tahun 2020 mendatang, setidaknya Einride sudah dapat memiliki 200 unit truk tersebut. Mobil otonom saat ini memang sedang menjadi bahan pengembangan yang masih terus disempurnakan. Seperti yang kita tahu, perusahaan teknologi raksasa Google pun saat ini masih terus berusaha mengembangkan mobil otonom miliknya yang bernama Waymo. Bahkan tak hanya itu saja, Google pun telah menguji cobanya untuk dapat beroperasi di jalanan umum sebagai tumpangan warga. Nah, tentu dengan semakin majunya industri otomotif persaingan pun akan semakin ketat.

Top