Pabrik Wuling Resmi Dibuka, 8000 Mobil China Segera Mengaspal

Peresmian Pabrik Wuling – Tanggal 11 Juli 2017 menjadi hari yang cukup bersejarah bagi dunia otomotif Tanah Air. Pasalnya kemarin pabrik perakitan mobil asal China resmi di buka oleh Wapres RI di Cikarang. Pabrik yang berlokasi di Greenland International Industrial Centre (GIIC), Cikarang , Jawa Barat ini memiliki lahan seluas 60 hektar. Lahar tersebut terdiri dari 2 fasilitas yaitu 30 hektar untuk pabrik manufaktur mobil dan 30 hektar lainnya untuk supplier park.

Peresmian Pabrik Wuling

Tak tangung-tanggung, untuk dapat membuka pabrik dan memasuki industri otomotif Tanah Air, mobil asal Negeri Tirai Bambu ini menggelontorkan investasi hingga US$ 700 juta. Dengan nilai investasi tersebut, pabrik Wuling di Cikarang ini akan mampu memproduksi hingga 120.000 unit mobil dalam satu tahun. Untuk mengawali produksinya di bulan Juli ini, PT.SGMW Motor Indonesia berencana untuk memproduksi sebanyak 8000 unit mobil di pabrik tersebut. “Tahun ini kami targetkan sekurang-kurangnya produksi 8.000 unit,” kata Presiden Direktur SGMW Motor Indonesia, Xu Feiyun di Cikarang, Jawa Barat, Selasa (11/7/2017).

Sementara itu, dirinya mengungkapkan baru akan menggeber produksi Wuling di pabrik ini tahun depan dengan melihat pasar. “Walaupun kami sudah setting (produksi 8.000 unit tahun ini), tetap kami melihat pasar. Sebab kami mementingkan pasar dan konsumen. Jadi kalau konsumen suka (dengan mobil Wuling), kami siap meningkatkan produksinya,” kata Xu Feiyun.

Sementara itu, Wapres RI Jusuf Kalla dalam sambutannya ketika meresmikan pabrik ini di Cikarang, Jawa Barat juga turut menyampaikan ucapan selamat dan apresiasi atas selesainya pabrik yang dibangun semenjak 2 tahun yang lalu tersebut. “Saya ingin menyampaikan ucapan selamat kepada Chairman dan seluruh staf PT SGMW Indonesia atas peresmian industri (pabrik) mobil Wuling hari ini. Saya sangat mengapresiasi atas selesainya industri (pabrik Wuling) dalam 2 tahun yang tentu sangat baik dan memberikan harapan untuk kita semua,” ungkapnya.

Tentu saja, dengan hadirnya mobil asal China ini di Tanah Air ini yang diprediksi akan dibanderol dengan harga terjangkau akan cukup diperhitungkan oleh para pelaku dan produsen lain. Meskipun, seperti kabar yang beredar sebelumnya bahwa beberapa produsen yang memiliki pangsa pasar mayoritas di Indonesia seperti Toyota dan Honda mengaku tidak mengkhawatirkan kehadiran Wuling dapat mengancam eksistensinya.

Top