Audi A8 “Super Canggih” Siap Lawan S-Class dan Seri-7

Audi A8 Terbaru Dibekali Berbagai Fitur Canggih – Audi A8 generasi keempat hadir dengan desain dan karakter yang berubah secara signifikan. Melalui A8 generasi terbaru ini, Audi tampaknya memang sangat serius untuk melawan para rivalnya di kelas yang sama, seperti BMW Seri 7, Mercedes-Benz S-Class, serta Lexus LS.

Audi A8 Terbaru Dibekali Berbagai Fitur Canggih

A8 sendiri dibuat memakai platform MLB yang berevolusi sehingga mirip dengan milik SQ7. Audi percaya bahwa A8 akan menjadi seri produksi perdana mobil jalanan yang dikembangkan sebagai “highly automated driving”. Hal ini sekaligus mengindikasikan jika pabrikan asal Jerman tersebut memang benar-benar ingin berkiprah di ranah semi otonomos.

Salah satu fitur menarik yang ada pada mobil ini adalah opsi Traffic Jam Pilot. Fitur ini memakai 41 macam fungsi asisten yang dipakai untuk mengemudi sehingga bisa mengambil alih kendaraan ketika jalanan macet maupun melaju hingga kecepatan 50 kpj. Kinerja fitur ini juga didukung berbagai piranti seperti kamera, radar, sampai sensor ultrasonik.

A8 yang memiliki kode nama D5 juga hadir dengan desain baru. Sekilas, desain mobil ini memperoleh sentuhan dari Audi Prologue yang bisa dilihat pada bagian gril, garis bodi, hingga garis nyala lampu belakang dengan teknologi OLED yang terlihat futuristik.

Pemakaian material aluminium pun makin mendominasi karena mencapai 58 persen secara keseluruhan. Unsur lain juga digunakan pada bodinya seperti baja, magnesium, dan karbon fiber.

Pada bagian interior, Audi mengaplikasikan nuansa bersih yang kontemporer pada dashboard, setir multifungsi, hingga kontrol sentuh pada panel. Sistem Multi-Media Interface (MMI) juga mendapatkan perbaikan karena kini menjadi dua layar terpisah yang memiliki ukuran 10,1 inci dan 8,6 inci.

Audi A8 juga ditawarkan dalam dua opsi mesin turbocharged V6, yaitu mesin bensin 3.000 cc TFSI dengan produksi tenaga 339 tk dan mesin diesel 3.000 cc dengan tenaga 271 tk. Kedua mesin tersebut dipadukan dengan sistem elektrikan 48 V yang menjalankan fungsi hybrid. Sedangkan untuk opsi yang lebih besar, ada mesin bensin 6.000 cc W12 bertenaga 593 tk.

A8 juga mempunyai suspensi aktif sehingga terlihat seperti Magic Body Control system yang dipakai S-Class. Sistem ini memakai kamera pada kaca yang kemampuan analisisnya mencapai 18 kali per detik untuk menyesuaikan pantulan dan tingkat kenyamanan dengan karakter suspensi.

Melengkapi Traffic Jam Pilot, ada juga piranti canggih lain, yaitu Remote Parking Pilot and Remote Garage Pilot yang bisa dioperasikan dengan smartphone.

Top