Stop! Kesalahan Penggunaan Lampu Saat Hujan

Kesalahan Penggunaan Lampu Saat Hujan – Pada akhir-akhir ini merupakan bulan penghujan yang memiliki intesitas yang cukup tinggi. Dengan curah hujan yang tinggi disebagian wilayah di tanah air bahkan telah menimbulkan banjir serta longsor. Tentunya dengan kondisi membutuhkan konsentrasi dan tingkat kehati-hatian yang sangat tinggi pada saat mengemudi kendaraan masing-masing. Karena jika tidak maka akan menimbulkan resiko yang cukup fatal bagi pengemudi dan penumpang yang dibawanya. Selain cara mengemudi tersebut pengendara juga harus menaati peraturan dan rambu-rambu lintas. Dan tidak lupa untuk menggunakan lampu kendaraan baik itu lampu utama, sein dan fog lamp yang baik sesuai kondisi cuaca dan jalanan yang dilalui. Karena tak jarang pengendara menggunakan lampu yang tidak tepat pada kondisi jalanan dan cuaca saat itu. Contohnya penggunaan lampu hazard pada saat hujan deras namun kondisi lalu lintas lancar. Hal ini merupakan salah satu kesalahan pengemudi yang dapat menimbulkan resiko kecelakaan.

Stop! Kesalahan Penggunaan Lampu Utama Saat Hujan

Jika sesaat setelah hujan deras mengguyur jalanan yang anda lalui cukuplah menggunakan lampu utama dengan jarak standar saja. Kalau siang hari cukuplah menggunakan lampu senja atau fog lamp yang dirasa cukup untuk memberi tanda bagi kendaraan didepan anda.  Jangan menyalakan lampu utama jarak jauh karena dengan hal ini malah justru mengundang bahaya bagi kendaraan lain. Apalagi jika kondisi jalanan gelap dan waktunya menjelang malam atau memang sudah malam.

Gunakanlah lampu hazard dengan tepat, walapun jika hujan deras mengguyur jalanan yang anda lalui maka haram hukumnya jika menyalakan lampu ini karena akan membahayakan pengendara lain dibelakang ataupun depan kendaraan pengemudi. Untuk penggunaan lampu hazard yang tepat misalnya terdapat kendaraan yang bermasalah didepan pengemudi dan pada saat itu ukuran jalanan memang sempit. Kalau untuk hujan deras cukup gunakan lampu utama standar atau foglamp saja.

Hidupkanlah lampu sein disaat yang tepat, tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lama. Perkirakan jarak belok atau berganti arah yang pas. Karena jika tidak pas maka akan menimbulkan resiko yang tidak diinginkan bagi pengemudi dan orang lain.

Dan yang terakhir adalah jaga kecepatan anda dan jaga jarak kendaraan, usahakan agar laju kendaraan tidak terlalu cepat. Jika ada sesuatu didepan pengemudi maka tidak kewalahan untuk menghentikan kendaraan yang dibawanya. Baca juga Urban SUV dari Ford Terbaru dan Honda Civic Facelift.

Top