Honda Yakin, Konsumennya Tidak Akan Pindah ke MPV Murah

Persaingan Small MPV – Masuknya MPV asal China Wuling memang membuat persaingan dunia otomotif khususnya MPV semakin ketat saja. Bagaimana tidak, dengan masuknya small MPV milik Wuling tersebut, beberapa pabrikan yang selama ini telah aman dengan pasarnya seperti Honda dan Toyota kini harus mendapatkan pesaing baru dengan harga yang lebih murah dari produk miliknya. Tak hanyaa Wuling saja, pabrikan jepang lain Mitsubishi juga akan segera meluncurkan small MPVnya yang juga akan dibanderol dengan harga terjangkau.

Persaingan Small MPV

Namun demikian, hal tersebut rupanya tidak akan membuat Honda yang notabene menjadi salah satu pemilik pasar MPV terbesar di tanah air menjadi gentar. Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual Honda Prospect Motor (HPM), jonfis Fandy mengatakan, pihaknya tak gentar dengan kehadiran penantang baru itu di segmen small MPV. Menurutnya, konsumen Honda Mobilio beda dengan yang lainnya.

Tak hanya itu saja, menurutnya Wuling bahkan bukan saingannya karena memiliki segmen konsumen yang berbeda dengan segmen konsumen mobil Honda.  Menurutnya, konsumen Honda akan memilih mobil karena Brand bukan karena harga, sehingga hal tersebut tak akan berpengaruh pada pasaran mobil-mobil Honda. “Wuling bukan saingan. Segmen konsumennya beda, tipe konsumennya beda. Ya kita dengan Avanza saja beda. Beda konsumennya, gaya berpikirnya beda, konsumen Honda kan memilih karena brand, fitur-fiturnya, tenaga, irit bahan bakar. Ya saling menarik adanya. Tapi berbeda segmennya,” kata Jonfis di sela-sela acara media test drive All New Honda CR-V Turbo di Jawa Timur.

Seperti diketahui, Mobilio yang merupakan mobil MPV milik Honda memang diketahui menyasar konsumen first buyer sama halnya dengan Wuling. Namun menurut Jonfis sasarannya tetap berbeda dan tidak bisa disamakan. “Tapi sasaran first buyernya siapa, itu yang beda,” kata Jonfis.

Disisi lain, mengenai mobil 7-seater bergaya crossover yang digembor-gemborkan Mitsubishi, Honda sudah punya produknya melalui Honda BR-V. “Kan beda konsumen juga, kalau Mobilio itu kebanyakan first buyer, kalau BR-V itu upgrader, dia sudah punya MPV, mau loncat ke SUV jauh, ke CR-V pun jauh sekai loncatnya. Jadi kalau mau naik kelas yang tetap 7-seater sekarang yang BR-V dulu,” pungkasnya.

Top