Posisi Penjualan Sementara, New Ayla Berada di Atas Agya Terbaru

Penjualan New Ayla Ungguli New Agya – Ketika Toyota dan Daihatsu menjual “mobil kembar”, maka biasanya mobil miliki Toyota akan lebih mendominasi penjualan. Sebagai contohnya, Rush yang menyalip Terios, serta Calya yang mengungguli Sigra. Belum lagi Avanza yang jauh lebih diminati ketimbang Xenia. Namun lain cerita untuk Daihatsu Ayla yang memiliki kemungkinan untuk mengalahkan Toyota Agya.

Penjualan New Ayla Ungguli New Agya

Hal ini rupanya bisa dianalisa dengan menggunakan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pada bulan Juni 2017. Ayla untuk sementara waktu sanggup mengalahkan Agya dalam distribusi mobil pada enam bulan pertama di tahun 2017 ini. Menurut data yang ada, distribusi Daihatsu mencapai 18.147 unit, sedangkan Toyota hanya mampu mencatatkan penjualan sebanyak 16.539 unit.

Perbedaannya memang masih sedikit dan posisi seperti ini pun sangat mungkin untuk berbalik apalagi masih ada enam bulan ke depan. Dalam hal penjualan tiap bulan, hasil yang diperoleh kedua mobil tersebut masih sama-sama fluktuatif. Jumlahnya tidak berbeda jauh sehingga tidak ada yang mendominasi.

Melihat hasil akhir tahun lalu dengan model yang sama, distribusi Agya ke diler sebanyak 45.007 unit. Sedangkan untuk Ayla hasil yang diperoleh adalah 39.097 unit. Ayla memang sempat mengungguli Agya pada tahun lalu, namun hanya selama dua bulan dan hasilnya pun cukup tipis karena tidak mencapai ribuan.

Namun akankah posisinya harus terus begini? Hal ini pun sebenarnya dirasa cukup wajar karena Toyota memang sering menargetkan segmen lebih tinggi dibandingkan Daihatsu.

Semacam aturan tidak tertulis di internal perusahaan terkait mobil kembar yang tidak memperbolehkan Daihatsu untuk mencaplok segmen Toyota juga tampaknya menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi hal ini. Gampangnya, Daihatsu memiliki ruang yang lebih terbatas sehingga akan tetap berada di bawah Toyota.

Berkaitan dengan harga, salah satu model kembar milik Daihatsu juga harus di bawah toyota. Urusan spesifikasinya pun sama, kelengkapan mobil pun akan lebih unggul Toyota daripada Daihatsu.

Sementara “kasus” persaingan antara Ayla dan Agya generasi terbaru tampaknya lebih berkaitan dengan desain. Ada kemungkinan bahwa orang lebih tertarik dengan desain Ayla, walaupun Agya memiliki fitur keselamatan lebih lengkap karena telah memakai sistem pengereman ABS.

 

Top