Kawasaki Ninja 150 2-Stroke Akan Tinggal Nama?

Kawasaki Ninja 150 2-Stroke – Saat ini produksi kendaraan bermotor didunia mempunyai batasan standar emisi gas buang yang berbeda-beda. Di benua Eropa, Amerika, Asia Timur sudah menetapkan kebijakan standar emisi gas buang kendaraan minimal Euro 3. Perlu diketahui untuk saat ini standar emisi gas buang  tertinggi adalah Euro 4. Sedangkan untuk di Indonesia sendiri pemerintahannya masih menggunakan standar emisi gas buang Euro 2 dan sebentar lagi akan menetapkan kebijakan Euro 3 bagi kendaraan-kendaraan yang masuk ke pasar otomotif tanah air. Dengan penetapan tersebut maka akan sangat menyulitkan bagi beberapa kendaraan yang memiliki mesin berbasis 2-Stroke. Karena untuk menaikkan standar emisi gas buang mesin 2-Strok menjadi standar Euro 3 dibutuhkan biaya yang sangat besar dan mahal.

Kawasaki Ninja 150 2-Stroke

Dengan hal tersebut maka kabarnya salah satu motor sport populer di kalangan anak muda yaitu Kawasaki Ninja 150 akan stop produksi beberapa tahun lagi. Alasannya karena untuk mengejar standar Euro 3 pada mesin 2 tak membutuhkan biaya yang lebih mahal. Hal itu disebabkan pada mesin 2 tak memiliki catalic converter atau penyekat pada mesin yang mengeluarkan gas buangnya yang pastinya part tersebut lebih mahal jika tetap mempertahankan motor ini untuk dapat menerapkan standar Euro 3.

Sekedar informasi bahwa mesin motor berkapasitas 150 cc kebawah mengandung 2 gram CO (Karbon Monoksida) perkilometernya, 0,8 gram HC (Hidrokarbon) perkilometernya dan 0,15 garm (Nitrogen Oksida) perkilometernya. Jadi untuk standar emisi gas buang saat ini tidak boleh melewati angka-angka tersebut. Sedangkan untuk standar emisi gas buang Euro 3 dipastikan akan memiliki angka yang lebih kecil dari pada angka tersebut. Apabila Kawasaki Ninja 150 2 tak tetap diproduksi pihak geng ijo harus memainkan catcon yang tentunya harga material mesin 2 tak tersebut tidak murah. Maka dari itu kemungkinan Kawasaki Ninja 150 2 tak ini akan stop produksi dan digantikan dengan mesin terbarunya yang berjenis 4 strok dengan kapasitas yang sama. Baca juga Harley Davidson 2015 dan TPT New Yamaha Jupiter MX King 150 Selesai.

Top