Strategi Honda Pertahankan Konsumen Mobilio

Honda Pelihara Konsumen Mobilio Lewat Fitur-Fiturnya – Terkait dengan kelahiran Mitsubishi Expander di segmen low MPV, PT Honda Prospect Motor (HPM) rupanya memang tak melihat Mobilio sebagai ancaman yang besar. Konsumen Honda pun dipercaya memiliki pandangan tersendiri terkait dengan hal tersebut dan inilah yang saat ini sedang diusahakan oleh Honda untuk dijaga dan tidak ditinggalkan.

Honda Pelihara Konsumen Mobilio Lewat Fitur Fiturnya

Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual HPM, Jonfis Fandy mengatakan jika setiap model yang ada di pasaran memang memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun, yang paling penting Honda tetap terus mempelajari apa yang dibutuhkan konsumen dan inilah yang menjadi alasan konsumen merek lain ingin berpindah ke Honda.

Jonfis mencontohkan jika mobil lain memiliki fitur A sementara Honda tidak, ini bukan berarti jika Honda menghilangkannya. Namun, pihak Honda memang tidak ingin berjalan di jalur yang sama dan itu juga tidak berarti bahwa Honda salah. Begitu juga sebaliknya, merek lain menambahkan fitur A karena memang konsumen mereka membutuhkannya.

Jonfis juga menambahkan jika di Honda, sebagai contohnya, CR-V memiliki turbo, electric parking brake dan sebagainya. Fitur-fitur tersebut ditambahkan karena memang konsumen Honda yang menginginkan dan membutuhkan fitur-fitur itu ada pada CR-V. Jika Honda diterjunkan pada ranah konsumen merek lain dan mengabaikan konsumen sendiri, hal ini tidak serta merta memastikan bahwa orang akan mau membelinya. Jadi, untuk sejauh ini Honda memang lebih banyak mengidentifikasi kebutuhan konsumennya agar mereka tetap setia memakai produk-produk Honda.

Kelebihan dan kekurangan dari sebuah mobil, khususnya low-MPV merupakan hal yang biasa sebab Jonfis sendiri berpendapat jika teknologi yang ada di segmen ini memang bukan yang tercanggih. Ini juga tak langsung membuat merek A salah dan merek B salah karena masing-masing memiliki pilihan dan segmen.

Sebagian konsumen mungkin menyukai model A, sedangkan sebagian yang lain menyukai model B, yang penting adalah bagaimana cara untuk menarik hati lebih banyak konsumen, misalnya dengan melengkapi mobil dengan berbagai macam fitur hiburan atau memperbarui modelnya ke arah yang lebih sporty.

 

 

Top