Bajaj Siap Bersaing di Pasar Asia Tenggara

Bajaj Bakal Ramaikan Pasar Otomotif Asia Tenggara – Belum lama ini, salah satu pabrikan roda dua besar asal India yang bernama Bajaj Auto, telah berencana untuk meluncurkan kendaraannya ke Thailand dalam beberapa bulan ke depan. Fakta tersebut adalah bagian dari salah satu upaya atau strategi dari pihak Bajaj guna memperluas pangsa pasar di ranah Asia Tenggara. Memang, sebelumnya pabrik asal Negeri Hindustan ini diketahui telah menjual motor ke sejumlah negara ASEAN, termasuk Filipina, Singapura, Myanmar, dan Malaysia.

Bajaj Bakal Ramaikan Pasar Otomotif Asia Tenggara

Di lain sisi, S Ravikumar selaku Bajaj Auto President Business Development and Assurance pun telah mengatakan bahwa pasar otomotif di kawasan ASEAN dibidik mengingat fakta yang membuktikan bahwa regional ini memiliki tingkat penjualan motor begitu besar.

“Asia Tenggara adalah pasar besar untuk roda dua. Kami mendapat respons baik dari Malaysia, dan dalam beberapa bulan ke depan juga akan mulai ekspor ke Thailand,” ujarnya yang dikutip dari India Times.

Terkait dengan pasar di Indonesia, dalam hal ini Ravikumar sendiri memang tegas tidak menyebut Indonesia sebagai salah satu pasar tujuan. Namun, dengan melihat kenyataan saat ini bahwa ada lebih dari lima juta unit motor buatan Bajaj terjual di Indonesia pada tahun lalu, tentu pasar ini begitu menggoda. Walaupun sebelumnya diakui bahwa memang mereka pernah memiliki pengalaman buruk beberapa tahun lalu.

Di lain sisi, dipilihnya pasar ASEAN ini juga karena mereka ingin tidak terlalu tergantung dari salah satu regional saja. Bukan tanpa alasan mengingat beberapa pasar mereka seperti di Sri Lanka dan Nigeria saat ini mengalami kelesuan.

Akan tetapi, meskipun demikian adanya, tentu saja rencana mereka tidak akan berjalan dengan mulus. Pasalnya, sudah bukan rahasia lagi bahwa Asia Tenggara adalah pasar yang dikuasai pabrikan Jepang seperti Honda dan Yamaha. Maka, apapun merk yang coba masuk ke pasar yang dikuasai mereka, akan mendapat tantangan yang sangat berat.

Top