Keren, Mobil Ini Bisa Jalan Hanya dengan Sinar Matahari

Mobil Bertenaga Surya – Para pabrikan otomotif di dunia memang sedang gencar-gencarnya untuk menciptakan mobil dengan tenaga listrik. Berbeda dengan beberapa pabrikan ternama yang menciptakan mobil listrik dengan menggunakan baterai isi ulang sebagai sumber energinya, sebuah pabrikan asal Jerman bernama Sono Motors menciptakan sebuah inovasi yang sangat menarik. Pasalnya, pabrikan ini meluncurkan mobil listrik yang tidak perlu diisi ulang menggunakan listrik melainkan menggunakan sinar matahari.

Mobil Bertenaga Surya

Hal ini sebenarnya bukan hal yang mengherankan, mengingat tenaga surya memang sudah umum digunakan dibanyak negara sebagai sumber pembangkit listrik. Sono Motors menyebut mobil ciptaanya dengan nama Sion. Meskipun membawa teknologi yang cukup baru untuk dunia otomotif, namun Sion ini justru dibanderol lebih murah dibandingkan dengan mobil listrik pada umumnya yang menggunakan baterai.

Seperti yang kita ketahui, saat ini kendaraan bertenaga listrik memang dikenal dengan harganya yang cukup mahal bahkan mencapai miliaran rupiah. Hal ini sangat berbeda dengan mobil Sion yang hanya dibanderol dengan angka Rp 249 jutaan saja. Harga tersebut tentu setara dengan mobil-mobil konvensional pada umumnya. Namun demikian, dengan harga tersebut, Sion belum dilengkapi dengan baterai. Sehingga jika konsumen menginginkan mobil ini dengan baterai maka harus menambah uang setidaknya Rp 6,2 jutaan saja.

Yang menariknya lagi, mobil buatan Jerman ini dapat mengisi daya listrik dengan sistem viSono. Dengan viSono mobil hanya membutuhkan panas matahari untuk dapat berjalan 30 km perhari. Selain itu, ada pula fitur bernama biSono yang memungkinkan baterai dari mobil untuk dapat menjadi powerbank berjalan bagi mobil listrik lain. Dengan kata lain, mobil ini dapat mengisi daya mobil listrik konvensional lainnya layaknya powerbank mengisi daya ponsel.

Dengan sebuah aplikasi pada smartphone bahkan mobil bisa menawarkan untuk meminjamkan Sion kepada pengendara lain. Meskipun saat ini statusnya masih prototype, namun jika nanti benar-benar diproduksi massal, tentu akan sangat menarik untuk dimiliki. Saat ini Sono Motors selaku pembesut mobil ini akan mengetes Sion di Eropa Barat di 12 kota dalam negara.

Top