Geser VW, Aliansi Nissan Kian Berjaya di Pasar Global

Nissan Group Kembali Berjaya – Tampaknya, persaingan antar pabrik di segmen mobil semakin ketat dan sulit ditebak. Bahkan, belum lama ini, Aliansi Nissan yang merupakan gabungan dari Nissan, Renault, Mitsubishi pun akhirnya berhasil menggeser Grup Volkswagen dari takhta produsen mobil terbesar dunia secara volume. Keberhasilan tersebut tentu dicapai juga berkat sumbangsih anggota barunya Mitsubishi.

Nissan Group Kembali Berjaya

Sebut saja, pada periode Januari hingga Juni 2017 ketiganya Nissan telah berhasil menjual 5.268.078 unit. Sementara itu di sisi lain, Volkswagen sendiri justru hanya sanggup menjual 5.155.600 unit dan disusul Toyota sebesar 5.129.000 unit. Sedangkan pada posisi peringkat ke empat, ditempati General Motors dengan pencapaian 4,7 juta unit.

“Aliansi kami yang membesar, akhirnya mewujudkan potensi penuhnya masing-masing, tidak hanya dalam hal volume, tapi juga dengan menyediakan layanan mobilitas generasi mendatang, kepada pelanggan di seluruh dunia,” kata Carlos Ghosn selaku Chairman and Chief Executive Aliansi yang dilansir dari Autoevolution pada Jumat (28/7/2017).

Terkait dengan hasil penjualannya tersebut, jika dihitung secara lebih rinci maka Nissan telah berhasil menyumbang aliansi paling banyak. Di mana, pabrik asal Korsel tersebut telah berhasil mendapat perolehan mencapai 2.894.488 unit. Bahkan, sampai saat ini, Nissan masih mengandalkan pasar Amerika Serikat, China, dan Jepang, sebagai penyumbang terbesar.

Di sisi lain, untuk yang ke dua ada Renault, yang berhasil menjual 1.879.288 unit di mana terjual terbanyak mobil di wilayah Perancis, Rusia, dan Italia. Sementara itu, untuk merk seperti Mitsubishi menjual lebih sedikit dengan perolehan 494.303 unit, ditopang oleh penjualan di Amerika Serikat, China, dan Jepang.

Top