Aliansi Nissan-Renault-Mitsubishi Jadi Penjual Mobil Nomor Satu di Paruh Pertama 2017

Aliansi Nissan-Renault-Mitsubishi Cetak Rekor Penjualan – Aliansi tiga merek besar di industri otomotif Nissan-Renault-Mitsubishi tampaknya mulai menjadi ancaman untuk merek-merek mobil lain. Pasalnya, aliansi tersebut diklaim menempati posisi pertama dalam penjualan mobil dunia pada tahun 2017 ini. Laporan terbaru menyebutkan jika penjualan aliansi ketiga merek itu mengalami kenaikan 7 persen hingga menyentuh angka 5.268.079 unit pada semester pertama tahun 2017.

Aliansi Nissan Renault Mitsubishi Cetak Rekor Penjualan

Hasil menggembirakan ini ternyata bisa diperoleh aliansi ketiga merek tersebut karena memang telah terjadi peningkatan permintaan model dari merek Jepang dan Perancis itu di berbagai wilayah yang ada di dunia. Keberhasilan ini juga tak bisa dilepaskan dari sumbangan Mitsubishi Motors yang turut bergabung menjadi anggota baru aliansi.

Kontribusi penjualan terbesar yang diberikan oleh Renault ternyata berasal dari beberapa modelnya seperti Clio, Sandero, Megane, Captur, dan Duster. Sedangkan anggota aliansi yang lain, Nissan mencatatkan permintaan tertinggi lewat X-Trail/Rogue, Sentra/Sylphy, Qashqai, serta Altima/Teana.

Sementara itu, Mitsubishi Motors yang menjadi anggota baru aliansi berhasil menyumbang hasil penjualan pada penghujung tahun 2016 lalu dengan jumlah yang hampir menyentuh angka 495.000 unit. Kontribusi Mitsubishi yang cukup berperan ini juga karena adanya permintaan yang solid untuk model SUV Outlander di pasar global dan Pajero Sport di pasar ASEAN.

Total penjualan kendaraan listrik juga mengalami peningkatan cukup berarti dengan capaian 481.151 unit. Hasil tersebut menguatkan peran aliansi sebagai produsen mobil yang cukup terkenal di segmen mass-market. Ini bisa dilihat dari semakin tingginya permintaan untuk Nissan LEAF dan Renault ZOE. Mitsubishi Outlander plug-in hybrid pun juga sudah terjual lebih dari 13.000 unit.

Chairman dan Chief Executive Aliansi Renault-Nissan, Carlos Ghosn mengatakan jika perluasan aliansi yang cukup baik sanggup merealisasikan potensi penuh bukan hanya dalam jumlah penjualan tetapi juga layanan mobilitas penjualan mendatang untuk seluruh pelanggan di dunia.

Carlos juga menambahkan aliansi akan terus berusaha memberikan sinergi bagi para anggotanya dengan memanfaatkan skala ekonomi dan pasar global yang signifikan. Usaha yang dilakukan aliansi untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan tetap memakai basis teknologi yang kuat dan menghadirkan inovasi model-model listrik untuk konsumen.

Pada tahun ini, sinergi dari aliansi juga diharapkan akan mengalami peningkatan sebab Mitsubishi Motors telah menjalin kerja sama dengan Nissan dan Renault di banyak bidang yang mencakup pengadaan barang, lokalisasi, manufaktur, platform kendaraan, teknologi serta perluasan pasar.

Top