Dominasi Pemasok Komponen Impor Pada BMW Seri 5

Komponen BMW Seri 5 Sebagian Besar Impor – Proses perakitan untuk BMW Seri 5 model terbaru kini sudah dimulai di fasilitas BMW Production Network, PT Gaya Motor yang berlokasi di Sunter, Jakarta Utara. Kehadiran BMW Seri 5 ini turut melengkapi line up produk BMW yang dirakit secara lokal. Sebelumnya BMW juga telah membuat versi lokal untuk X1, X3, X5, Seri 3 dan Seri 7.

Komponen Bmw Seri 5 Sebagian Besar Impor

Hal yang cukup menarik dari BMW seri 5 adalah walaupun sudah dirakit secara lokal, namun komponen pendukung produk sedan BMW ini ternyata sebagian besar masih berupa barang impor. Sementara itu, Management Production Partner BMW Production Network 2, Albert Reichl mengatakan jika pemasok lokal untuk mobil ini hanya satu, yakni kursi mobil saja. Meskipun pemasok lokal sekarang baru ada satu, namun pihak BMW masih belum memiliki keinginan untuk melakukan penambahan

Presiden Direktur PT Gaya Motor, Ari Mariano ternyata memiliki pendapat yang senada dengan Riechl dimana dirinya menyebutkan jika pemasok lokal untuk BMW Seri 5 saat ini hanya sebatas komponen kursi saja dan proyek ini jatuh ke tangan PT Gesit.

“Sampai saat ini PT Gesit aja, mereka kursi saja, baru satu. Jadi kami terima semua komponen dari Tjahaja Sakti Motor yang merupakan importer sekaligus logistik BMW, sementara yang kami dapat langsung dari vendor hanya Gesit saja,” ujar Ary, KompasOtomotif, Kamis (03/08/2017).

Ketika hal ini dikonfirmasikan kepada Vice President of Corporate Communications BMW Group Indonesia, Jodie O’Tania, dirinya mengatakan jika sebenarnya masih ada sejumlah komponen lain yang dipasok oleh komponen lokal.

Kursi yang menjadi satu-satunya komponen pada BMW Seri 5 yang dipasok oleh lokal supplier termasuk komponen yang besar. Jodie mengatakan jika masih ada beberapa komponen-komponen dengan ukuran lebih kecil buatan lokal yang digunakan oleh mobil ini. Komponen-komponen kecil tersebut meliputi kabel dan plastik yang ada di dalamnya. Oleh karena itu, meskipun komponen-komponen yang ada pada BMW seri 5 memang didominasi pemasok impor, namun beberapa di antaranya merupakan barang buatan lokal.

Top