Wow..!! Skuter Honda Akan Dibekali Airbag

Honda Kembangkan Kantung Udara untuk Skuternya – Mengendarai sepeda motor atau skuter juga juga memiliki tingkat bahaya yang tidak kalah dahsyatnya dengan pada saat kita memacu kendaraan roda empat. Tak heran jika para pabrikan sepeda motor terus mengembangkan faktor keamanan, seperti halnya Honda yang saat ini sedang mengembangkan teknologi kantung udara untuk kendaraan roda duanya.

Honda Kembangkan Kantung Udara Untuk Skuternya

Teknologi keamanan ini sudah dicoba untuk diperkenalkan pada Honda Meeting 2017 yang diselenggarakan di Tokyo pada bulan lalu. Honda kembali mengangkat teknologi airbag baru ini untuk mengingatkan jika ide ini bisa diwujudkan sebagai salah satu perangkat keamanan standar pada sejumlah model kendaraan roda dua.

Honda ternyata telah menjalin kerjasama dengan Autoliv dalam hal pasokan sistem keamanan yang akan dipakai untuk mengembangkan kantung udara tersebut. Teknologi airbag Honda ini akan melindungi kepala pengendara motor dari benturan yang spesifik. Misalnya, pada kejadian kecelakaan umum dimana motor ditabrak dari depan atau ketika terjadi benturan dari arah samping.

Honda bahkan telah memiliki komitmen untuk menghadirkan teknologi keamanan airbag untuk sepeda motor ini ke pasaran dalam waktu sesegara mungkin.

Airbag skuter Honda ini pun berkerja layaknya kantung udara yang ada di mobil. Sensor akselerasi yang disematkan pada bagian depan fairing skuter tersebut berfungsi untuk mendeteksi tumbukan lalu menggembungkan airbag dalam waktu 0,04 detik hingga 0,05 detik.

Ketika teknologi ini menjalani tes tabrak dengan kecepatan 50 kpj, kantung udara tersebut kemudian mengembang dan memenuhi space di antara motor dan kendaraan yang menabraknya. Hal ini tentu akan mengurangi efek terjadinya tabrakan pada kepala dummy seperti yang sebelumnya telah dilaporkan oleh Nikkei Technology.

Meski begitu, bukan berarti airbag Honda ini hadir tanpa kekurangan. Pasalnya, perlindungan yang diberikan airbag ini akan berkurang ketika motor ditabrak dari bagian samping. Honda saat ini sudah mempraktikan pemakaian kantung udara pada beberapa model kendaraan roda duanya. Contoh model yang sudah dilengkapi dengan teknologi airbag baru Honda ini adalah Goldwing GL1800 dan skuter PCX.

Top