Wacana Toyota Kembangkan “Virtual Showroom”

Toyota Ingin Kembangkan Virtual Showroom – Perkembangan era digital yang sangat pesat akhir-akhir ini rupanya membuat para pabrikan otomotif terus berbenah dan mulai berkompetisi di dunia maya. Hal ini bisa dilihat dari bagaimana para pabrikan mobil mulai memaksimalkan pemanfaatan media sosial hingga meningkatkan kualitas situs resmi mereka.

Toyota Ingin Kembangkan Virtual Showroom

Bahkan sejumlah merek seperti Cadillac, Infiniti, dan Fiat sejak tahun 2016 yang lalu sudah mulai membahas masalah virtual showroom. Ini diklaim menjadi salah satu cara yang cukup efektif untuk membantu diler dalam menurunkan biaya penyediaan gudang serta menawarkan pengalaman yang lebih baik kepada para pembeli potensial.

Dengan adanya virtual showroom ini, calon konsumen tidak perlu repot-repot datang ke showroom untuk melihat produknya. Test drive pun bisa dilakukan secara virtual. Sehubungan dengan munculnya wacana tersebut, Toyota Indonesia saat ini sedang berusaha dengan keras untuk  bisa eksis di dunia maya. Mereka juga masih melakukan survey  agar nantinya bisa benar-benar menggunakan teknologi ini

Deputy General Manager Markerting Planning Toyota Astra Motor (TAM), Evelyn mengatakan jika pihaknya tidak menutup kemungkinan untuk hal itu. Namun, tentu jika konsumen memang sudah menunjukkan kesiapannya dalam menggunakan teknologi tersebut sehingga tidak perlu lagi melihat fisiknya ketika membeli mobil. Virtual showroom akan disiapkan jika sudah ada indikasi yang menuju ke arah yang dimaksud.

Evelyn menambahkan jika sekarang pihaknya sedang melakukan survey untuk melihat kesiapan masyarakat dalam menerima teknologi tersebut. Jika arahnya sudah jelas, maka TAM akan segera menyiapkan surat pemesanan kendaraan (SPK) atau e-commerce untuk otomotif.

Untuk tahun ini, virtual showroom memang belum akan hadir. Namun, untuk kedepannya kemungkinan tetap ada tentunya seiring dengan kesiapan masyarakat dalam menggunakannya juga.

Lebih lanjut lagi, komitmen Toyota untuk urusan digital ini bisa dilihat dengan pembentukan tim khusus bernama “E-Marketing Section”. Fungsi dari tim ini adalah untuk menangani semua aktivitas digital Toyota di Indonesia. Keseriusan Toyota ini tentu menambah deret panjang pabrikan otomotif yang memiliki rencana untuk membuat virtual showroom.

Top