Pola Lima Baut di Tubuh Xpander

Ini Alasan Xpander Pakai Lima Baut! – Sekilas memang ada yang berbeda pada bagian kaki-kaki Mitsubishi Xpander. Ternyata setelah diperhatikan lebih detail, pelek milik Xpander memakai pola lima baut sehingga tampilannya memang terlihat berbeda dibandingkan dengan MPV sejuta umat lainnya.

Ini Alasan Xpander Pakai Lima Baut

Lalu, apa sebenarnya perbedaan antara pelek lima baut pada Xpander dan pelek empat baut yang digunakan mobil pada umumnya? Terkait dengan hal ini, pebalap senior Rifat Sungkar mengatakan jika pelek jenis ini memiliki arah yang lebih baik untuk masalah keamanan terutama di bagian kaki-kaki.

Meskipun penggunaan pelek lima baut ini tidak ada hubungannya dengan performa mobil, namun bisa dipastikan jika pelek tersebut akan membuat kekuatan kaki-kaki menjadi lebih baik. Ini berarti jika pelek ini mampu mengurangi getaran dan memaksimalkan kerekatan pelek dengan hub roda.

Mobil dengan model lima baut juga lebih baik diaplikasikan pada kendaraan yang sering digunakan untuk mengangkut banyak penumpang. Hal ini pun turut dibenarkan oleh Head Technical Service Department Sales and Marketing Divison MMKSI, Boediarto. Dirinya berpendapat jika penggunaan pelek lima baut pada Xpander lebih cenderung digunakan untuk unsur keamanan. Jadi, pelek lima baut bukan karena memenuhi opsi aftermarket untuk modifikasi maupun faktor lain, namun alasan utamanya adalah untuk safety.

Boediarto menambahkan jika pola lima baut ini akan membuat pembagian beban kerja atau angkut pada roda bisa didistribusikan secara merata ke lima titik. Ini memungkinkan cengkeraman pelek ke as roda bisa lebih maksimal.

Dengan semakin amannya mobil ketika jumlah baut ditambah, maka Mitsubishi mencoba untuk mengaplikasikannya pada Xpander guna menyokong sektor kaki-kakinya.

Sementara itu, terkait dengan kabar bisa digantinya ukuran pelek Xpander dengan yang lebih besar memakai pelek aftermarket, Boediarto pun mengiyakan hal tersebut tetapi dengan syarat bahwa untuk urusan dimensi tak boleh dipilih dengan sembarangan. Pelek bisa diganti asal PCD dan off-setnya tidak berlebihan namun dirinya menyarankan jika pemilik Xpander lebih baik menggunakan pelek pabrikan yang memang telah diuji.

Jika dilihat dari beberapa lawannya, aplikasi lima baut pada roda pelek sebenarnya sudah lebih dahulu dilakukan oleh Suzuki Ertiga. Sementara, Avanza, Xenia, dan Mobilio masih mempertahankan pelek empat baut.

 

 

Top