Mitsubishi Bakal Gunakan Mesin Diesel untuk Xpander?

Mitsubishi Xpander Bakal Dibekali Mesin Diesel? – Xpander merupakan produk baru PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) yang diluncurkan bertepatan dengan gelaran Gaikindo Indonesia International Motor Show (GIIAS) 2017 baru-baru ini. Mobil yang menjadi pengisi di segmen low MPV (LMPV) tersebut ditawarkan dalam enam varian yang seluruhnya menggunakan mesin berkapasitas 1.500 cc.

Mitsubishi Xpander Bakal Dibekali Mesin Diesel

Jika dilihat saat ini memang di segmen MPV sejuta umat, masih sedikit sekali mobil yang menggunakan mesin diesel. Hal ini pun membuat banyak orang berspekulasi apakah Mitsubishi tidak ingin membenamkan mesin tersebut di tubuh Xpander. Sayangnya, hingga saat ini pihak MMKSI belum memiliki ketertarikan untuk memakai mesin dengan bahan bakar solar itu di tubuh MPV barunya.

President Director PT MMKSI Kyoya Kondo mengatakan bahwa di segmen MPV pihaknya memang melihat jika kendaraan yang memakai mesin diesel jumlah penjualannya masih sangat kecil. Meski begitu, pihak MMKSI tetap terus memantau perkembangannya di pasar meskipun belum memiliki rencana untuk menggunakan mesin diesel pada produk-produk MPV miliknya.

Melihat dari kesempatan yang ada, sebenarnya pihak MMKSI memiliki potensi yang cukup bagus sebab para kompetitornya yang menggunakan mesin diesel jumlahnya masih sangat sedikit. Terlebih lagi, Mitsubishi memiliki kesempatan untuk mengembangkan sendiri basis teknologi mesin diesel yang dimiliki oleh mobilnya yang lain, yaitu Pajero Sport.

Kondo menambahkan jika seluruh model Pajero Sport hadir dengan bekalan mesin diesel sehingga torsinya memang sangat baik untuk mendukung putaran bawah. Walaupun mesin diesel ini sangat bagus digunakan oleh model SUV, namun Xpander saat ini masih belum memiliki arah ke sana. Pasalnya, apa yang ditawarkan oleh Xpander sekarang sudah sesuai dengan apa yang diinginkan oleh para konsumen.

Rasa penasaran publik pun tak hanya terbatas pada penggunaan mesin diesel saja, tetapi juga komponen lokal yang disematkan pada mobil ini. Terkait dengan hal tersebut, Kondo menuturkan jika MPV baru Mitsubishi yang menjadi rival berat dari Avanza ini telah memakai komponen lokal sebanyak 65 persen.

Top