Ertiga dan Luxio Tetap Bertahan Saat Pasar MPV Turun

Pasar MPV Alami Kemerosotan Kecuali Ertiga dan Luxio – Low multi purpose vehicle (LMPV) atau MPV sejuta umat yang menjadi pasar mobil terbesar di Indonesia sepertinya memang belum menunjukkan perubahan yang cukup baik. Pasalnya, jumlah wholesales untuk segmen ini di sepanjang tahun 2017 hasilnya justru bisa dikatakan cukup mengecewakan. Dibandingkan dengan periode Januari hingga Juli 2017, jumlahnya kini mengalami penurunan sebesar 4,48 persen.

Pasar Mpv Alami Kemerosotan Kecuali Ertiga Dan Luxio

Hampir semua model LMPV yang dipasarkan di Indonesia jumlahnya menurun. Hal ini bisa dilihat dari jumlah penjualan yang didapatkan oleh Avanza, Mobilio, dan Xenia. Tampaknya hanya Ertiga dan Luxio yang tidak terpengaruh dengan kondisi yang ada di pasar tersebut. Avanza misalnya telah mengalami kemerosotan hingga 2,22 persen dibandingkan dengan wholesales yang diperolehnya pada tujuh bulan di tahun 2016 lalu.

Sementara itu, Honda Mobilio anjlok menjadi 4,01 persen atau jumlah distribusinya ke diler hanya mencapai 23.824 unit. Penurunan yang cukup signifikan rupanya harus dirasakan oleh Xenia yang besarnya mencapai 17,09 persen. Ini berarti jumlah yang dicatatkan Xenia justru minus 4.725 unit dari periode yang sama di tahun lalu.

Suzuki Ertiga diketahui menjadi satu dari dua model yang masih mampu bertahan karena berhasil mencatatkan jumlah wholesales sebanyak 20.089 unit atau mengalami kenaikan sebesar 5,55 persen. Luxio juga mengalami pertumbuhan meskipun jumlahnya tidak terlalu besar, yakni hanya 1,33 persen atau 2.583 unit.

Data yang tercatat di Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) untuk sepanjang 2017 memperlihatkan jumlah wholesales sebanyak 143.650 unit secara nasional, yakni pada periode Januari hingga Juli 2017. Sedangkan, pada periode yang sama di tahun lalu jumlahnya justru menyentuh angka 150.955 unit.

Penurunan terjadi secara berurutan dari bulan April hingga Juni dan di bulan Juni jumlah penurunannnya diketahui menjadi yang terbesar, yakni mencapai 45,77 persen.

Kendati demikian, kelahiran Mitsubishi Xpander dan Wuling yang berasal dari China di pasar LMPV diperkirakan bakal membuat segmen ini kembali mengalami pertumbuhan wholesales. Penurunan yang sedang terjadi di pasar saat ini kemungkinan disebabkan karena pasar memang sedang dalam keadaan jenuh sehingga model yang ditawarkan kurang kekinian dan tidak begitu diminati oleh konsumen.

 

Top