Xpander Sudah Berani Senggol MPV Lain

Jumlah Pesanan Xpander Mampu Bersaing dengan MPV Lain РMeski baru diluncurkan namun Xpander langsung menjadi primadona. Pasalnya, selama mejeng 11 hari pada pameran otomotif GIIAS 2017 yang di selenggarakan di Tangerang baru-baru ini, Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sudah mendapatkan pesanan sebanyak 5.281 unit untuk MPV barunya, Xpander.

Jumlah Pesanan Xpander Mampu Bersaing Dengan Mpv Lain

Sejumlah model yang sebelumnya menjadi unggulan Mitsubishi seperti Pajero Sport pun pada akhirnya harus mengakui tingginya popularitas Xpander sebab jumlah pemesanannya sendiri belum mampu menyentuh angka 1.000 unit. Sementara itu, SUV kompak yang menjadi andalannya, Outlander Sport hanya mampu mencatatkan jumlah 49 unit saja.

Jika digabungkan dengan data penjualan nasional per 20 Agustus 2017, MMKSI menyebutkan jika jumlah pesanan untuk mobil yang identik dengan sebutan “Baby Pajero” ini sudah mencapai 7.489 unit. Hal ini tentu menjadi pencapaian yang cukup membanggakan untuk sebuah produk yang baru saja diluncurkan.

Yang menarik adalah walaupun Xpander belum masuk ke data wholesale Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pada bulan Juli, namun jumlah pemesanannya sudah cukup berani untuk bersaing dengan mobil-mobil lain di segmen MPV sejuta umat.

Misalnya saja ketika dibandingkan dengan Avanza, pada bulan Juli 2017 Toyota berhasil mencatatkan wholesales sebesar 9.100 unit. Sedangkan Xpander sudah mampu menyentuh angka 7.489 unit hanya dalam beberapa hari sejak diluncurkan perdana di gelaran GIIAS 2017 yang diselenggarakan pada tanggal 10 hingga 20 Agustus 2017.

Dengan capaian ini, Mitsubishi setidaknya cukup percaya diri untuk menyenggol Avanza pada bulan selanjutnya. Animo yang masih tinggi serta beberapa agenda yang disiapkan bisa saja menjadikan Xpander lebih unggul. Penjualan Xpander sendiri diprediksi masih akan menunjukkan pertumbuhan yang cukup baik hingga akhir tahun 2017 ini.

Sementara itu, masih menurut data wholesales Gaikindo penurunan yang cukup signifikan justru dialami oleh Honda Mobilio. Pada bulan Juni Mobilio berhasil mencatatkan jumlah penjualan sebanyak 1.314 unit namun di bulan Juli jumlahnya anjlok menjadi 739 unit.

Suzuki Ertiga berhasil mengungguli penjualan Xenia di bulan Juli 2017 dengan jumlah 2.894 unit. Xenia sendiri berada di bawahnya dengan jumlah penjualan 2.794 unit. Di sisi lain, data penjualan sepanjang 2017 menunjukkan Xenia masih cukup berjaya di posisi ketiga menyusul Mobilio.

 

Top