Melihat Sepak Terjang Baleno di Pasar Hatchback

Suzuki Baleno Dihadirkan dengan Konsep Hatchback – Suzuki hadir kembali ke pasar namun meninggalkan jati diri lamanya sebagai sedan dan kini memilih untuk bertransformasi menjadi sebuah hatchback. Suzuki pun harus menghadapi ancaman yang tak main-main sebab, “hatchback” barunya tersebut harus bersaing dengan rival-rival yang lumayan kuat seperti Honda Jazz dan Toyota Yaris. Namun, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) rupanya telah menyiapkan strategi yang terbilang simpel untuk mendulang kesuksesan di pasar.

Suzuki Baleno Dihadirkan Dengan Konsep Hatchback

Tak seperti mobil lain yang hadir dalam banyak tipe, Baleno hatchback hanya hadir dalam dua opsi transmisi, yakni manual yang dijual seharga Rp 195 juta dan otomatis yang dibanderol Rp 207,5 juta. Dengan dua pilihan ini, tentu konsumen akan lebih mudah dalam menentukan pilihan.

Direktur pemasaran SIS 4W, Donny Saputra mengatakan bahwa pihaknya ingin lebih fokus untuk melengkapi line up Suzuki bukan dengan varian melainkan produk. SIS juga mengharapkan jika Baleno nantinya bisa meningkatkan penjualan Suzuki hingga 5 persen atau setidaknya sanggup mencuri pasar hatchback sebesar 10 persen.

Pasar hatchback sendiri sebenarnya tak terlalu diminati di Indonesia. Pasalnya, penjualan rata-rata setiap bulannya hanya mampu menyentuh angka sekitar 3.000 hingga 4.000 unit. Namun, Suzuki tetap ingin mencoba peluang baru di segmen ini untuk menunjukkan eksistensinya.

Donny menambahkan jika kondisi ini seperti mengulang saat Ignis akan meluncur karena pasar city car pada saat itu memang tidak terlalu baik. Meski begitu, SIS menganggap pasar hatchback tidak begitu rendah sehingga masih cukup menjanjikan apalagi “hatchback” baru Suzuki ini bisa dikatakan cukup berbeda dengan para rivalnya.

Data Gaikindo pada tahun lalu menunjukkan jika pasar hatchback mentok di jumlah 38.000 unit-an atau jika diperkirakan sekitar 3.100 unit-an per bulannya. Pasar ini dikatakan cenderung menurun jika dilihat dari jumlah yang didapatkan pada periode Januari hingga Juli yang hanya 18.856 unit. Hasil ini berubah cukup signifikan jika dibanding dengan periode yang sama tahun lalu dengan jumlah 23.666 unit.

Suzuki yang menargetkan 10 persen untuk Baleno pun masih cukup realistis. Pasalnya, peluang baik Baleno hatchback sudah terlihat ketika mobil ini sukses dipesan sebanyak 247 unit pada pameran GIIAS 2017.

 

Top