Toyota Masih Andalkan MPV Sebagai Senjata Utama

Toyota Masih Utamakan MPV untuk Goda Konsumen – Jajaran produk MPV Toyota ternyata masih cukup efektif untuk mencuri hati para konsumen. Hal ini bisa dilihat dari jumlah surat pemesanan kendaraan (SPK) yang dikantungi Toyota selama ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 belum lama ini.

Toyota Masih Utamakan Mpv Untuk Goda Konsumen

PT Toyota-Astra Motor (TAM) sukses mengumpulkan SPK dengan jumlah keseluruhan sebanyak 7.136 unit. Penyumbang terbesar ternyata masih menjadi milik kendaraan keluarga alias Multi Purpose Vehicle (MPV) yang juga menawarkan cukup banyak pilihan baru. Dari total jumlah pesanan, 5.328 unit atau lebih dari 74 persennya berasal dari sumbangan model-model MPV.

Executive GM TAM, Fransiscus Soerjopranoto mengatakan jika apresiasi positif pelanggan selama gelaran GIIAS 2017 membuat Toyota makin percaya diri untuk bisa merealisasikan target yang telah ditentukan pada tahun ini, yakni mempertahankan kepemilikan pasar agar tetap berada di atas 35 persen.

Toyota memang tidak membuat target selama pameran kemarin seperti pada partisipasinya di tahun lalu. Kendati demikian, tetap memamerkan hampir semua model atau sekitar 28 produk yang mencakup segmen premium hingga new entry pada acara tersebut.

Penjualan tertinggi rupanya menjadi milik segmen small MPV Toyota Avanza-Veloz dengan jumlah menyentuh angka 2.191 unit atau lebih banyak dibandingkan pada tahun sebelumnya. Sedangkan SPK untuk Kijang Innova tahun ini 901 unit sehingga meningkat dari tahun lalu yang jumlahnya hanya 811 unit.

Jumlah SPK untuk Calya yang notabene masuk dalam kategori MPV entry berhasil dibukukan sebanyak 1.264 unit dan Sienta yang menjadi penghuni di segmen MPV medium berhasil mengantungi SPK sebanyak 513 unit. Masing-masing model tersebut memberikan kontribusi sebesar 17,71 persen dan 7,19 persen terhadap penjualan Toyota selama diselenggarakannya pameran otomotif GIIAS 2017 belum lama ini.

Sementara itu, untuk segmen high MPV, kelahiran si pendatang baru All New Voxy ternyata juga mendapatkan sambutan yang tak kalah positif dari para pelanggan. Pasalnya, mobil yang kelasnya masih berada di bawah Alphard ini mendapatkan SPK sebanyak 361 unit yang sudah cukup tinggi untuk kategori kendaraan high MPV. Mobil ini tampaknya memang akan menjadi senjata baru Toyota di segmen atas.

Top